31 Dosen, Teknisi dan Mahasiswa TI PNP Ikuti Workshop “Big Data”

/ / Workshop
31 Dosen, Teknisi dan Mahasiswa TI PNP Ikuti Workshop

Padang – Labs247 bekerjasama dengan Politeknik Negeri Padang (PNP), Asosiasi Ilmuwan Data Indonesia dan IDBigData baru saja menggelar meet up dan workshop. Meet up dan workshop tersebutdiselenggarakan di ruangan labor jurusan Teknologi Informasi (TI) Politeknik Negeri Padang, Rabu (14/3).

Uniknya, Politeknik Negeri Padang mendapatkan tawaran workshop dari Labs247 dikarenakan salah seorang staf Labs247 kenal dan cukup berkomunikasi di sosial media dengan beberapa dosen Politeknik Negeri Padang dan sama-sama dalam sebuah komunitas panahan PVC Indonesia.

Kegiatan meet up dan workshop dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 16.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh 31 orang dosen, teknisi, dan mahasiswa Politeknik Negeri Padang, dengan membahas seputar teori “Big Data”.

Seperti diketahui, Big Data adalah sebuah teknologi baru di dunia teknologi informasi di mana memungkinan proses pengolahan, penyimpanan dan analisis data dalam beragam bentuk/format, berjumlah besar dan pertambahan data yang sangat cepat. Pengolahan dan analisis data dalam jumlah sangat besar ini memerlukan waktu yang relatif jauh lebih singkat dengan menggunakan Big Data dibanding teknologi data sebelumnya seperti relational database.

“Sebenarnya ini acara rutin dari Labs247. Kali ini, mereka ke Sumatera Barat mengadakan workshop pertama kalinya di PNP. Di Politeknik yang di Sumbar, belum pernah. Ini kali pertama. Sebelumya, tanggal 13 Maret juga telah dilaksanakan meet up di Universitas Andalas,” kata Ketua Pelaksana Workshop, Fazrol Rozi kepada Metrans, Rabu (14/3).

Lebih lanjut dikatakannya, dalam rangkaian acara Big Data Meet Up #19 itu, disampaikan oleh tiga orang pembicara seperti Sigit Prasetyo selaku Chairman idBigData, serta Mawaddah, dan Handi Hari Wijaya dengan beragam materi.

“Pertama, ada pengenalan umum tentang Big Data. Selanjutnya, membahas teori Hadoop dan Map Reduce, Hands on HGrid Big Data Processing (instalasi, perkenalan tools dan study case),” lanjutnya.

Ia mengatakan, workshop tersebut digelar untuk meningkatkan produktivitas jurusan Teknologi Informasi di PNP, baik dari segi penelitian maupun dari segi kurikulum.

Sementara itu, Solusi247 (Labs247) yang telah beroperasi selama 17 tahun itu, pasar sasaran utamanya yakni operator seluler, perusahaan besar dan organisasi pemerintah. Diketahui, basis pelanggannya saat ini terdiri dari lebih dari delapan organisasi besar di seluruh sektor tersebut. Saat ini pihaknya ingin memperluas operasi di luar Indonesia, dengan menargetkan perusahaan telekomunikasi besar di Asia Tenggara.

 

Sumber: Metro Andalas, ‘31 Dosen, Teknisi dan Mahasiswa TI PNP Ikuti Workshop “Big Data”‘, 15 Maret 2018, <https://www.metroandalas.co.id/berita-31-dosen-teknisi-dan-mahasiswa-ti-pnp-ikuti-workshop-big-data.html> [diakses 22 Juni 2018]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *