×

Languange

FORGOT YOUR DETAILS?

CREATE ACCOUNT

SEMUA BERITA

.

Tuesday, 22 May 2018 / Published in Berita

Makassar – Dua robot hasil karya mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) berhasil memukau tim juri dan tampil sebagai pemenang di dua kategori pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 Regional II yang berlangsung selama tiga hari (10-12/5) di Universitas Tarumanagara Jakarta.

PNUP menempatkan dua tim robotnya yang berhasil meraih juara pertama dari dua kategori yang berbeda. Untuk kategori Kontes Robot Seni tari Indonesia (KRSTI), tim robot PNUP yang bernama CMCS_ART tampil sebagai juara I dan penampilan terbaik setelah mengalahkan tim robot ITB dan Universitas Telkom.

Sementara itu, tim C-Dragold_MP yang sukses mengalahkan tim robot ITB dan Universitas Tadulako membawa tiga piala sekaligus karena selain berhasil sebagai juara I juga berhasil tampil sebagai desain terbaik dan strategi terbaik untuk kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).

KRI 2018 merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kemenristekdikti untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia dalam menghadapai era evolusi industri 4.0 dimana robot telah melekat dalam berbagai aktivitas manusia. KRI 2018 dibagi menjadi empat regional dimana untuk KRI Regional II di Jakarta diikuti oleh 95 tim robot dari 44 perguruan tinggi negeri dan swasta dari wilayah Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat, dan Sulawesi. (more…)

Tuesday, 22 May 2018 / Published in Berita

Makassar – Dosen Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) mengunjungi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) di Kampus Tamalanrea, Kamis (8/2/2018). Kunjungan tersebut dalam rangka benchmarking pelaksanaan Simposium Nasional Akuntansi Vokasi (SNAV). Dimana Akuntansi PNUP menjadi pelaksana SNAV ke-5 tahun 2016 lalu.

 Tahun ini Polnep diagendakan menjadi tuan rumah pelaksanaan SNAV ke-7. Ketua Jurusan Akuntansi Polnep, Dr Sy A Razak A mengatakan, selama beberapa kali pelaksanaan SNAV, Akuntansi PNUP merupakan pelaksana terbaik. Rombongan disambut Dosen dan staf akademik Jurusan Akuntansi PNUP. Dimana hadir Ketua Jurusan Akuntansi PNUP, Dr Bahri SE MSi.

Selanjutnya, dilakukan diskusi seputar pelaksanaan SNAV yang telah dan akan dilaksanakan. Pihak Akuntansi PNUP menguraikan pengalaman melaksanakan (more…)

Thursday, 17 May 2018 / Published in Berita

Ajang bergengsi tahunan yakni Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 Regional IV kembali diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan diikuti 42 perguruan tinggi (PT). Kali ini Politenik Negeri Malang (Polinema) ditunjuk sebagai tuan rumah yang merupakan tempat digelarnya lomba.

Direktur Polinema Malang, Awan Setyawan, menyampaikan, tim pemenang akan berlaga di ajang Internasional di Amerika untuk kategori lomba pemadam api, Vietnam untuk robot abu, dan robot sepak bola di Tokyo.

“Indonesia selalu menggondol emas. Tahun ini harus bisa dapat emas lagi,” kata Awan saat ditemui wartawan.

Sementara itu, Staff Kemenristek Dikti, Misbah Fikrianto, mengatakan, KRI merupakan ajang kompetisi kreativitas mahasiswa di seluruh Indonesia dalam rancang bangun dan rekayasa bidang robotika dengan desain dan fungsi yang telah ditetapkan Asian Broadcasting Union Robot Contest (ABU ROBOCON), Trinity College Home Robo Contest, dan International Soccer Robocup.

Suasana KRI di Polinema.

(more…)

Thursday, 17 May 2018 / Published in Berita

Ajang bergengsi tahunan yakni Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 Regional IV kembali diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kali ini Politenik Negeri Malang (Polinema) ditunjuk sebagai tuan rumah yang merupakan tempat digelarnya lomba. Memasuki hari ketiga (3/5), setelah berlangsung beberapa pertandingan dari lima divisi yang dilombakan, tiba saatnya penutupan KRI 2018 Regional IV sekaligus pengumuman kepada tim yang berhasil meraih penghargaan. Pada kesempatan tersebut, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil meraih enam kategori penghargaan.

Sebelum penutupan, tutur dihadirkan pula guest star untuk menghibur peserta KRI 2018 Regional IV maupun tamu undangan yang hadir. Drs. Awan Setiawan, MM. selaku direktur Polinema dan Dr. Didin Wahidin selaku Dirjen Belmawa Kemenristekdikti  turut memberikan sambutan sebelum meresmikan penutupan ajang bergengsi ini. Setelah itu dilanjutkan dengan pengumuman kepada tim-tim yang berhasil meraih penghargaan  dalam ajang Kontes Robot Indonesia 2018 Regional IV mulai dari Juara 1, 2, 3, dan Harapan 1. Tidak hanya itu, turut diumumkan pula beberapa penghargaan seperti desain terbaik dan strategi terbaik.

Pada momen tersebut, EROS, robot pesepak bola humanoid milik PENS raih juara (more…)

TOP
Skip to toolbar