FGD Perumusan Dokumen Strategi Pengarusutamaan Gender di Politeknik

/ / Global Affair Canada

Rapat dimulai pada pukul 14.00 WIB yang dipimpin oleh Direktur PEDP yang dalam kesempatan ini diwakili oeh Wakil Manajer PMU-PEDP, Bapak Harianto.

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari workshop sebelumnya yang diselenggarakan pada tanggal 2-3 Oktober 2017, pada kesempatan ini  akan menyusun draft dokumen Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) atau gender mainstreaming strategy yang merupakan bagian dari proyek PEDP yang harus diselesaikan ada akhir tahun 2017.

Pada pertemuan lalu telah dibentuk Gender Focal Point (GFP) Tim yang mewakili setiap Politeknik yang ada. Ada 32 GFP dari 34 Politeknik yang kami harapkan mengirimkan perwakilannya. Dalam jangka pendek, peran GFP  adalah membantu kelancaran proses penyusunan dokumen PUG. Di masa mendatang GFP akan memainkan peran-peran signifikan lainnya terkait dengan pelaksanaan PUG dan promosi keadilan dan kesetaraan gender di setiap Politeknik.

Dalam penyusunan PUG ini dilakukan dengan cara partisipasi dari setiap Politeknik sebagai narasumber utama dalam mengidentifikasi isu gender dan merumuskan strategi penanangannya.

Tugas kita sekarang adalah menyusun draft bersama dan hasilnya akan didiskusikan kepada pimpinan politeknik masing masing, yang nantinya akan divalidasi pada bulan November 2017 yang akan datang.

Selain menyusun dokumen PUG tetapi juga memastikan nantinya bahwa para pimpinan Politeknik kita memahami pentingnya promosi keadilan dan kesetaraan gender di Politeknik, dan mendukung pelaksanaan PUG.

Harapan kami pada pertemuan berikutnya hasil ini akan disepakati oleh Direktur masing masing Politeknik, pihak ADB dan pihak dari DFATD yang sangat memperhatikan aspek gender di proyek PEDP ini yang ikut serta membiayai program in.

Pada pertemuan tersebut kami berharap akan muncul komitmen bersama yang terwujud dalam sebuah Platform dalam rangka promosi keadilan dan kesetaraan gender, yang salah satunya melalui implementasi PUG. dan kemudian akan diterapkan di masing masing Politeknik.

Pada pertemuan saat ini dari 34 Politeknik yang kita berikan undangan, hadir 29 Politeknik, adapun Politeknik yang tidak hadir yaitu :

  1. Politeknik Negeri Banjarmasin
  2. Politeknik Negeri Lhokseumawe
  3. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  4. Politeknik Negeri Manado
  5. Politeknik Negeri Jember

Untuk hasil pembahasan lengkap FGD dapat didownload pada Link dibawah ini:

FGD Perumusan Dokumen Strategi Pengarusutamaan Gender di Politeknik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *