Kompetensi Lulusan Politeknik Dipacu

/ / Berita, PEDP, Politeknik Indonesia, Polytechnic Education Development Project

Jakarta – Pemerintah menyiapkan 400 beasiswa untuk mahasiswa politeknik. Beasiswa ini sebagai upaya pemerintah memfasilitasi mahasiswa politeknik mendapatkan sertifikasi melalui ujian kompetensi tingkat nasional.

“Program tersebut diharapkan bisa meningkatkan kompetensi lulusan politeknik,” kata Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Patdono Suwignjo kepada HARIAN NASIONAL, Senin (5/2).
Dia menjelaskan, pihak industri selama ini kerap mengkritik lulusan politeknik tidak siap bekerja. Oleh karena itu, Kemenristekdikti mendorong lulusan untuk mengambil ujian kompetensi untuk memiliki sertifikat.
Patdono yakin perusahaan ke depannya juga lebih mengutamakan sertifikat kompetensi dibandingkan ijazah.
“Saat ini, pemerintah baru mampu mendukung sertifikat tingkat nasional,” katanya.

Kemenristekdikti, ujar Patdono, sebatas memberikan imbauan kepada politeknik untuk mendukung mahasiswanya mengikuti ujian kompetensi. Namun, dia menegaskan, kebijakan mewajibkan sertifikasi diterapkan pada 2019 mendatang.
Pakar Kebijakan Publik dan Pendidikan Totok Amin Seofijanto mengatakan, politeknik mengutamakan keahlian praktis yang standarnya bisa bertaraf nasional dan internasional. Menurut dia, biaya untuk uji kompetensi itu terbilang mahal.
“Wajar kalau pemerintah membantu dalam bentuk beasiswa,” katanya.
Uji kompetensi, lanjut Totok, juga sekaligus menguji output dari pendidikan politeknik. Namun, dia menegaskan, pemerintah harus bisa mempertanggungjawabkan secara formal dan legal lulusan yang dibiayai.
Totok mengatakan, penerima beasiswa harus belajar dan menyiapkan diri dengan baik. Kemenristekdikti bisa memberikan peringatan kalau lulusan tidak mencapai nilai tertentu.
“Kalau tidak mampu capai batas, yang bersangkutan harus membayar mandiri,” katanya.
Sumber: Harian Nasional, ‘Kompetensi Lulusan Politeknik Dipacu‘, 6 Februari 2018, <http://www.harnas.co/2018/02/05/kompetensi-lulusan-politeknik-dipacu> [diakses 28 Februari 2018]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *