Kontes Robot Tingkat Pelajar Digelar Polman Babel

/ / Berita
Kontes Robot Tingkat Pelajar Digelar Polman Babel

Politeknik Manufaktur (Polman) Negeri Bangka Belitung (Babel) menggelar kontes robot kalangan pelajar, yang berlangsung dimulai dari hari Rabu (21/2/2018). Kontes ini sendiri diikuti oleh peserta mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga SLTA sederajat. Kontes tersebut dihadiri oleh lima puluhan peserta yang bertempat di auditorium Kampus Polman Babel.

Sugeng Ariyono selaku Direktur Polman Negeri Babel mengatakan, kontes robot tersebut dibagi dalam tiga kategori, yakni Line Follower Analog, Live Follower Digital, dan Soccer.

”Kegiatan ini kita gelar dalam rangka untuk lebih mengenalkan teknologi yang lebih aplikatif kepada para pelajar sejak dini. Ada yang dari SD juga tim pesertanya,” jelas Sugeng, Kamis (22/2/2018).

Ia melanjutkan, saat ini kebanyakan anak-anak semakin terbiasa dengan teknologi. Dengan hanya terlibat sebagai pemakai (User) dan melalui kontes ini, para siswa dididik untuk membuat suatu media dengan kreatifitas serta inovasi para siswa.

”Di sini mereka (Siswa) dibimbing oleh mahasiswa, bekerjasama dengan pihak SMK, SLTP dan SD. Diajari  juga menghasilkan robot-robot buatan mereka sendiri,” ungkapnya.

Sugeng juga berharap kedepannya para pelajar di Bangka Belitung secara luas, dapat berinovasi dibidang robotika, sehingga dapat berdampak pada tumbuhnya kegiatan riset dalam teknologi robotika di Bangka Belitung.

”Kedepannya kita akan coba, dan kalau bisa Polman Babel jadi penggagas terselenggaranya even robot tingkat provinsi di Babel. Tidak bisa kita pungkiri, banyak hal diluar sana yang dilihat para siswa, seperti aktivitas orang membajak sawah, yang dapat membuat mereka berfikir tentang bagaimana membuat proses tersebut (bajak sawah) menjadi lebih efisien dengan teknologi,”tutupnya.

 

Sumber: Klik Babel, ‘Kontes Robot Tingkat Pelajar Digelar Polman Babel‘, 22 Februari 2018, <http://klikbabel.com/2018/02/22/kontes-robot-tingkat-pelajar-digelar-polman-babel> [diakses 5 Juli 2018]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *