MANAJEMEN KAPASITAS

Pengelolaan program studi maupun institusi Politeknik harus ditangani oleh manajemen yang efektif dan akuntabel, yang meliputi manajemen di tingkat institusi sampai dengan tingkat jurusan/program studi. Program pengembangan kepemimpinan dan manajemen merupakan salah satu fokus dari program PEDP yang harus menjadi bagian dalam perencanaan program pengembangan pendidikan politeknik di Indonesia.

Manajemen KapasitasMeningkatkan efektivitas dan akuntabilitas kepemimpinan dan tata kelolanya dilakukan berdasarkan prinsip good governance. Upaya penguatan tatakelola penyelenggaraan pendidikan politeknik dilakukan melalui beberapa kegiatan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pengembangan organisasi politeknik melalui studi kebijakan untuk mendukung penyelenggaraan Credit Transfer system (CTS), Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB), Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).
  2. Peningkatan tata pamong seperti sistem penjaminan mutu internal dan eksternal, sistem pengawasan internal; sistem informasi akademik, kepegawaian, keuangan, pelatihan manajemen, dan sertifikasi satuan organisasi.