Mobil Listrik Buatan Mahasiswa Indonesia Unjuk Gigi di IIMS 2018

/ / Berita

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 diselenggarakan pada 19 sampai 29 April 2018. Disini, para pengunjung dapat menikmati berbagai kendaraan, mulai dari yang lazim ada di jalanan Indonesia hingga supercar yang langka ditemui di jalanan. Akan tetapi, selain akan menampilkan kendaraan yang diciptakan oleh pabrikan luar negeri, di ajang IIMS 2018 juga akan ditampilkan beberapa produk luar negeri.

Festival Mobil Listrik atau Electric Car Festival menjadi salah satu menu yang tersaji saat perhelatan IIMS 2018. Mobil listrik yang dipamerkan tidak hanya produk buatan pabrik ternama, tapi juga prototipe yang tengah dikembangkan mahasiswa perguruan tinggi di dalam negeri.

“Pada tahun ini, kami juga memiliki booth khusus bagi para mahasiswa untuk memajeng mobil listrik mereka, yang berlokasi tepat di sebelah area test drive IIMS 2018,” ujar Project Manager IIMS 2018, Ruri.

Untuk mobil listrik buatan mahasiswa, ada lima prototipe yang dipamerkan. Kelimanya berasal dari empat perguruan tinggi, masing-masing adalah Universitas Brawijaya (Unibraw), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Islam Indonesia (UII) dan Politeknik Negeri Bandung (POLBAN).

Hendra Noor Saleh, Direktur Dyandra Promosindo selaku penyelenggara pameran IIMS 2018 mengungkapkan bahwa ada beberapa hal baru di salah satu pameran otomotif terbesar Indonesia ini. Satu di antaranya ialah tersedianya lahan test drive mobil listrik yang disajikan oleh beberapa agen pemegang merek (APM) dan karya mahasiswa Indonesia.

“Beberapa hal baru akan ada di sini. Mulai dari pembelian tiket yang mengandalkan digitasi, ruang desain baru, serta ada spot untuk test drive mobil listrik,” ungkapnya saat membuka Press Conference IIMS 2018 di Jakarta Selatan.

“Kita undang juga beberapa mobil listrik karya mahasiswa Indonesia yang sudah dilombakan ke luar. Mereka pun dapat belajar langsung dari para pelaku industri otomotif di sini,” tambah Hendra.

Salah satu perwakilan dari Universitas Islam Indonesia (UII) yang membawa mobil listrik, Yanuar Anaba, mengatakan bahwa armadanya sudah siap dipamerkan di IIMS 2018. Bahkan, diuji jalan pun boleh saja.

“Dari 2015 kita selalu didukung untuk membawa produk karya anak bangsa dari teman-teman mahasiswa. Jadi senang sekali bisa tampil di IIMS 2018. Kami (mahasiswa) juga bisa belajar banyak ke para produsen otomotif ternama secara langsung,” ujar Yanuar di Westin Hotel, Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Lebih lanjut, ia menambahkan, ini kesempatan bagi mahasiswa untuk turun langsung melihat industri otomotif Indonesia secara langsung. Jadi mahasiswa bisa mendapat masukkan untuk menghasilkan karya di kampus yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Lebih jauh, Yanuar membeberkan bila di IIMS 2018 mahasiswa tidak hanya akan memajang produk. Tapi mobil juga akan disiapkan di area outdor agar mobil listrik ini bisa diuji jalan.

“Ini (salah satu mobil racikannya) adalah mobil konsep dengan menggunakan ban gokart. Kecepatan yang dihasilkan mampu menempuh 100 km/jam. Kita juga siapkan area outdoor untuk diuji jalannya. Maka, semua bisa melihat bagaimana aksi dari mobil listrik konsep karya anak bangsa,” jelasnya.

Namun demi keamanan, pengunjung yang boleh mengetes harus memiliki SIM A.

“Selain SIM A, nanti dari segi durasi dan penggunaan kecepatan juga akan dibatasi,” kata Yanuar.

 

Sumber:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *