P3AI PENS Adakan PEKERTI Demi Terbentuknya Tenaga Dosen PENS yang Maksimal

/ / Berita, PEDP, Pendidikan, Politeknik Indonesia, Polytechnic Education Development Project
P3AI PENS Adakan PEKERTI Demi Terbentuknya Tenaga Dosen PENS yang Maksimal

Dalam rangka perbaikan kualitas, serta menambah wawasan mengenai pembelajaran untuk para dosen muda, serta pengembangan sumber daya manusia tenaga dosen di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Selama lima hari terhitung sejak Selasa (10-16/4), Pusat Pengembangan dan Peningkatan Aktivitas Instruksional (P3A1) PENS telah usai menyelenggarakan Pelatihan Keterampilan Dasar Intruksional (PEKERTI). Kegiatan ini bertempat di ruang pertemuan, Gedung Pascasarjana PENS.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 17 dosen muda PENS dari berbagai jurusan. Selama lima hari, pengisi dalam kegiatan tersebut difasilitatori oleh rekan-rekan P3A1 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Diantaranya Dr.Techn. Pujo Aji, ST., MT., pada hari pertama, kemudian Ir. Endrotomo, MT. Dihari ketiga diisi oleh Ahmad Muklason, S.Kom., M.Sc., Ph.D., kemudian pada hari selanjutnya pemaparan materi oleh Ir. Endrotomo, MT. didampingi oleh Prof. Achmad Zubaudi, M.Eng.,Ph.D. Selanjutnya pada hari terakhir diisi oleh Siti Machmudah, ST., M.Eng. Serta Dra Nuri Wahyuningsih M,Kes.

Materi yang disampaikan setiap harinya, seputar teknik mengajar, metode pembelajaran, metode assesmments, capaian pembelajaran, cara menguji, cara memberi nilai, mengevaluasi, membuat soal, hingga cara membuat kurikulum. Dalam pemaparan materi, hal yang ditekankan yakni perwujudan mengajar yang baik. “Dengan pelatihan ini diharapkan proses belajar mengajar di PENS bisa terus semakin meningkat,” tutur Dr. Rusminto Tjatur Widodo, ST. selaku ketua P3A1 PENS.

Para dosen muda dari berbagai jurusan ini tampak antusias  untuk mendalami materi yang telah disampaikan. “ Pelatihan ini sangat membantu. Harapannya semoga saya bisa istiqomah untuk langsung menerapkan hal-hal yang sudah saya dapat ini. Untuk PENS semoga kedepannya semakin ada pelatihan yang serupa. Tidak hanya dosen muda, tetapi juga bisa diikuti oleh dosen senior agar lebih improve bagaimana cara mengajarkan yang lebih efektif serta efisien,” ungkap Tri Hadiah Muliawati selaku peserta PEKERTI.

 

Sumber: PENS, ‘P3AI PENS Adakan PEKERTI Demi Terbentuknya Tenaga Dosen PENS yang Maksimal‘, 18 April 2018, <https://www.pens.ac.id/2018/04/18/p3ai-pens-adakan-pekerti-demi-terbentuknya-tenaga-dosen-pens-yang-maksimal/> [diakses 20 Juni 2018]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *