PNP dan PKT Malaysia Gelar Program Kolaborasi Nusantara

/ / Berita, PEDP, Politeknik Indonesia, Polytechnic Education Development Project
PNP dan PKT Malaysia Gelar Program Kolaborasi Nusantara

Padang – Program Kolaborasi Nusantara Politeknik Kuala Terengganu (PKT) dan Politeknik Negeri Padang (PNP) 2018 dilaksanakan di Kampus PNP, Selasa (24/4).  Kegiatan kolaborasi ini menjadi upaya dalam  berbagi ilmu pengetahuan dan mengalaman  diantara civitas akademika pada kedua Perguruan Tinggi tersebut.

“Pada kegiatan ini dilakukan seminar hasil penelitian bidang elektro dan teknologi informasi dan lainnya, serta pameran hasil karya ilmiah. Untuk seminar yang dilaksanakan dihadiri oleh 10 orang peserta dari Politeknik Kuala Trengganu, Malaysia. Sementara dari pihak PNP diikuti oleh 6 orang peserta,” sebut Wakil Direktur Junaldi, saat menyambut rombongan Politeknik Kuala Trengganu yang dipimpin Pengarah Politeknik Kuala Terengganu, kemarin.

Ia mengatakan, dalam mewujudkan visi Politeknik Negeri Padang menjadi institusi pendidikan vokasional terbaik di Asia Tenggara, bermartabat, dan berwawasan internasional, salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan memajukan bidang kerjasama internasional.

“Berdasarkan hasil pertemuan PKT-PNP pada 26 Januari 2018 di Kampus PNP dicapai kesepakatan untuk mengangkat satu program kolaborasi PKT-PNP 2018. Kegiatan itulah yang dilaksanakan bertepatan dengan Pekan Kreatifitas Mahasiswa PNP sekarang,” ujarnya pada kegiatan yang juga dihadiri wakil Direktur I PNP, Albar, jajaran senat PNP, serta pejabat struktural dilingkungan PNP.

Ia menyampaikan, direncanakan untuk Program kolaborasi selanjutnya dilaksanakan di Malaysia dengan mengundang beberapa Perguruan Tinggi sahabat seperti Politeknik Ibrahim Sultan, Politeknik Mersing, Politeknik Port Dyckson, dan Politeknik Kuala Terengganu.

“Ini tentunya sesuai dengan keinginan Direktur PNP Surfa Yondri untuk PNP go internasional. Diharapkan dengan partisipasi politeknik luar negeri pada kegiatan PKM yang dilaksanakan ini menjadi awal PKM berskala internasional  yang dilaksanakan di PNP,” ungkapnya.

Dalam kegiatan Program Kolaborasi Nusantara tersebut, mahasisiswa Politeknik Negeri Terenggano juga turut berpastisipasi dengan menampilkan karya tugas akhir mereka berupa poster-poster dari kegiatan yang mereka laksanakan.

Pengarah Politeknik Kuala Terengganu, Malaysia PN. Hajah Radiah Che Su, AMT mengatakan, jalinan kolaborasi atau kerjasama di antara institusi pendidikan ini bertujuan untuk mengintegrasikan ide dan inovasi dalam penyeragaman produk inovasi menjadi lebih baik.

“Sebagai program pertama dalam kolaborasi, Politeknik Negeri Padang telah menjemput mahasiswa dari Politeknik Kuala Terengganu untuk menyertai berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada PKM di PNP,” ujarnya.

Ia menambahkan, Program Kolaborasi Nusantara ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan silaturahmi  antara  Politeknik Kuala Terengganu dan Politeknik Negeri Padang, serta menggalakkan pertukaran keahlian dan pengetahuan ilmiah dalam bidang masing-masing.

“Sebagai permulaan usaha untuk menjayakan ikatan kolaborasi melalui LOI (Letter of Intent) di antara kedua-dua belah pihak. Diharapkan PKT dan PNP dapat terus berkembang dengan gemilang,” pungkasnya.

 

Sumber: Sumbar Post, ‘PNP dan PKT Malaysia Gelar Program Kolaborasi Nusantara‘, 25 April 2018, <http://sumbarpost.com/pnp-dan-pkt-malaysia-gelar-program-kolaborasi-nusantara/> [diakses 26 April 2018]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *