Politeknik Caltex Riau Kembangkan Listrik Alternatif dari Energi Radio

/ / Berita
Politeknik Caltex Riau Kembangkan Listrik Alternatif dari Energi Radio

Pekanbaru – Seorang dosen Politeknik Caltex Riau di Kota Pekanbaru mengembangkan potensi listrik alternatif yang memanfaatkan energi dari frekuensi radio di Kota Pekanbaru.

“Berangkat dari betapa pentingnya energi listrik, dan memanfaatkan radio frequency, maka kami meneliti untuk menciptakan suatu alat yang dapat mengkonversi energi radio menjadi energi listrik berdaya rendah,” kata Rizadi Sasmita Darwis, Dosen Program Studi Teknik Telekomunikasi Politeknik Caltex Riau (PCR), di Pekanbaru, Rabu (7/8/2018).

Rizadi bersama mahasiswa melakukan penelitian tersebut mulai Maret hingga Desember 2016. Penelitian ini didasarkan dari pemikiran untuk membuat suatu alternatif sumber energi listrik berdaya rendah, dengan memanfaatkan potensi energi frekuensi radio, khususnya di kota Pekanbaru.

Hasilnya adalah sebuah alat yang dapat mengkonversi energi radio menjadi energi listrik. Alat itu kini digunakan sebagai salah satu penunjang dalam praktikum mahasiswa di kampus PCR.

“Dari pengujian alat tersebut untuk menghidupan lampu LED. Tegangan yang dihasilkan yaitu 1,8 volt,” ujarnya.

Alat konversi itu dibuat dengan melakukan “scanning” terhadap potensi frekuensi radio yang ada di kota Pekanbaru. Hasilnya berupa data frekuensi kerja yang dapat digunakan dalam merancang dan memproduksi antena.

Selain itu, diperlukan rangkaian power harvester yang berfungsi untuk meneruskan tangkapan antena ke beban/media storage. Rizadi juga menambahkan dari penggunaan energi ini sendiri tidak menimbulkan efek yang buruk dan “blank spot” radiasi. Sehingga dapat aman digunakan dalam industri yang menggunakan daya energi listrik rendah seperti aplikasi sumber daya penggunaan sensor.

“Kalau daya sebenarnya tergantung beban. Nilai daya bisa berubah-ubah kalau nilai tegangan relatif konstan,” katanya.

 

Sumber: Riau Expose, ‘Politeknik Caltex Riau Kembangkan Listrik Alternatif dari Energi Radio‘, 7 Maret 2018, <https://www.riauexpose.com/politeknik-caltex-riau-kembangkan-listrik-alternatif-dari-energi-radio/> [diakses 9 Juli 2018]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *