×

FORGOT YOUR DETAILS?

Sekilas tentang Politeknik Caltex Riau

pcr-depan

Politeknik Caltex Riau merupakan institusi pendidikan tinggi vokasi yang memiliki program diploma III dan diploma IV. Kampus ini berdiri sejak tahun 2001 diprakarsai oleh Pemerintah Daerah Provinisi Riau, DIKTI dan PT. Chevron Pacific Indonesia. Dalam perkembangannya, saat sekarang kampus ini telah memiliki sepuluh program studi dari tiga program studi sejak awal mulai berdiri. Adapun program studi yang dimiliki adalah :

Program DIII Program DIV
Teknik Komputer Teknik Infromatika
Teknik Elektronika Sistem Informasi
Teknik Telekomunikasi Teknik Elektronika Telekomunikasi
Akuntansi Teknik Mesin
Teknik Mekatronika Teknik Listrik

PCR memilki komitmen kuat untuk membangun sumberdaya manusia sebagai modal utama pembangunan Indonesia masa depan. Berbagai program kerjasama juga telah diadakan untuk membangun SDM lokal dan regional seperti kerjasama dengan PEMDA setempat dan kerjasama dengan pihak swasta. Kemampuan PCR dalam mengelola kerjasama sudah terbukti sejak awal berdirinya kampus PCR tahun 2001, mulai dari venue Asian Physics Olympiade, proyek Computer Infrastructure Upgrade dengan PT. Chevron, kerjasama dengan Departemen Pertanian RI dalam membangun sistem informasi, dan program reguler Vocational Training untuk remaja tempatan perusahaan PT. Chevron Pacific Indonesia.

Karakter pendidikan PCR memiliki keunikan berdasarkan norma-norma dignity, integrity, intelligence dan excellence. Penanaman karakter yang dimulai sejak awal, telah membentuk ribuan lulusan telah dipercaya di berbagai perusahaan untuk berkiprah dengan karakter yang mudah menyesuaikan lingkungan kerja yang disiplin dan sarat kompetisi.

Waktunya telah tiba bagi PCR untuk mengembangkan diri dan lebih bermanfaat bagi lingkungan yang lebih luas. Pusat Unggulan Teknologi PCR dibangun untuk menjawab tantangan global yang menuntu pengetahuan dan kompetensi manusia handal serta diharapkan dapat berkiprah lebih luas untuk membangun SDM dengan kemampuan lebih spesifik dan dalam pada bidang otomasi industri, sehingga mampu menciptakan daya saing manusia Indonesia di lokal, regional maupun internasional.

Kegiatan PEDP di Politeknik Caltex Riau

Program Polytechnic Education Development Project merupakan program hibah yang dilaksanakan atas hasil kerjasama ADB dengan DIKTI (RISTEKDIKTI) yang diperuntukkan bagi politeknik yang ada diseluruh Indonesia melalui kompetisi proposal. PCR menjadi salah satu peserta hibah sejak tahun 2013, dengan anggaran hibah 15 M yang terdiri dari program kegiatan dan pengadaan. Jangka waktu yang harus diselesaikan adalah 4 tahun, sehingga semua program dan pengadaan diharapkan selesai dalam jangka waktu tersebut.

MHS PCR

Berikut Rekapitulasi kegiatan PEDP di Politeknik Caltex Riau :

NO Rekapitulasi Selesai Belum/On Progress  Total
1  Paket Pengadaan Barang 7 2 9
2  Training Pengembangan Staf
         Dalam Negeri 10 6 16
         Luar Negeri 2 4 6
3  Teaching Learning Material Development 25 0 25
4  Program Development 21 22 43
5  Lokakarya 4 3 7
6  Studi 4 2 6

Pelaksanaan Program

Tahun 2015

1. Program Peningkatan Mutu dan Relevansi

Pada tahun 2015, telah direncanakan 4 (empat) program, yaitu: Pengembangan Pusat Unggulan Teknologi Bidang Otomasi Industri yang bertujuan untuk meningkatkan sarana training instrumentasi dan kontrol, mengadakan training dan sertifikasi sistem otomasi, serta sertifikasi calon lulusan bidang otomasi industri. Kedua adalah Pengembangan Kurikulum Sesuai Standar Industri dan KKNI berupa validasi kurikulum dan penyusunan dokumen perangkat pembelajaran untuk melengkapi dokumen kurikulum program studi. Ketiga adalah Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Belajar Mengajar bertujuan melengkapi kebutuhan PUT berupa alat mesin CNC lathe dan alat lab. Kontrol dan Otomasi, SDM tersertifikasi di bidang welding, serta penyusunan bahan ajar. Keempat adalah Pengembangan Program Pelatihan, Sertifikasi dan Uji Kompetensi berupa pengembangan modul di bidang otomasi dan kerjasama sertifikasi dengan industri yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan. Ditambahkan program penyusunan dokumen penyelenggaraan PUT untuk lebih memastikan kegiatan PUT lebih terencana dengan baik melalui penyusunan business plan

Sesuai dengan rencana pelaksanaan program tahun 2015, maka beberapa program yang berhasil dilaksanakan untuk pengadaan, telah tiba paket NI LabVIEW dan paket CNC lathe. Untuk pelatihan terbagi menjadi dua yakni overseas non degree training (ONDT) dan domestic non degree training (DNDT). Untuk ONDT, pelatihan yang terlaksana adalah pelatihan LabVIEW (National Instrument) di Singapura, peserta 5 orang dan 2 peserta tersertifikasi. Kemudian ONDT kedua adalah International Welding Technology (IWT) dengan peserta 3 orang, semua tersertifikasi. Untuk DNDT, terlaksana pelatihan TUK Asesor Kompetensi, dengan mengirim 4 orang dan semua tersertifikasi

MoU_dengan_NI     LabVIEW_Training2     IMG_7179

Untuk pengembangan program, telah terlaksana program sertifikasi lulusan program studi Teknik Elektronika dan Teknik Mekatronika dalam bidang PLC. Kemudian program selanjutnya adalah Penyusunan Dokumen Perangkat Pembelajaran yang merupakan kelanjutan dari program penyusunan kurikulum dua program studi dengan menyusun RPKPS (GBPP dan SAP) untuk semua mata kuliah dalam kurikulum baru. Program terlaksana selanjutnya adalah Penyusunan Dokumen Penyelenggaraan PUT berupa business plan didasari studi banding ke SMK, Bappeda dan Politeknik Batam yang memiliki pengalaman pengelolaan teaching factory. Program terakhir untuk 2015 adalah Validasi Kurikulum dimana telah diadakan focus group discussion dengan mendatangkan narasumber Bpk. Dr. Dedid C.H dari PENS dan beberapa rekanan industri untuk mengesahkan kurikulum yang telah disusun. Untuk mendukung pusat otomasi, telah disusun empat modul pelatihan yaitu PLC basic, PLC advaced, HMI basic dan HMI advanced.

Sertifikasi_PLC_01 Sertifikasi_PLC_02 Sertifikasi_PLC_03

Untuk program selain pelatihan yaitu Penyusunan Dokumen Mutu 2 program studi sudah didapakan NOLnya dan tinggal dilaksanakan, untuk program lain yaitu evaluasi krikulum 2 program studi, Pengembangan PUT, pengembangan bisnis PUT dan sosialisasi PUT/TUK/LSP belum diajukan TOR-nya.

Secara umum, pada tahun 2015 telah menghasikan dokumen perangkat pembelajaran untuk dua program studi dan dokumen business plan PUT. ONDT telah mengirimkan 8 orang (5 orang NI LabVIEW dan 3 orang IWT), DNDT telah mengirimkan 4 orang (Askom). Sertifikasi lulusan telah berhasil melibatkan 44 peserta dan semua tersertifikasi. Berikutnya adalah buku/modul pelatihan pusat otomasi PLC basic, PLC advaced, HMI basic dan HMI advanced.

2. Peningkatan Kesetaraan dan Akses ke Institusi Politeknik

Pada tahun 2015 telah direncanakan beberapa sub aktivitas, yaitu:

  1. Program Studi Pengembangan Strategi Marketing yang bertujuan untuk menyusun strategi marketing penerimaan mahasiswa baru PCR
  2. Program Lokakarya Pengembangan Strategi Marketing yang bertujuan untuk mensosialisasikan/mengimplementasikan strategi marketing
  3. Program Peningkatan Jumlah Beasiswa yang bertujuan mencari sumber beasiswa untuk wanita
  4. Penyusunan Bahan Ajar AK, yang bertujuan menyusun media pembelajaran pendukung proses belajar mengajar AK
  5. Program Pengembangan Skema RPL yang bertujuan untuk menyusun proposal program RPL.

 Program Studi Pengembangan Strategi Marketing

Program ini terdiri dari beberapa kegiatan yaitu diskusi kajian literatur pada tanggal 25 Maret 2015. Survei dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 550 pada siswa SMA/SMK di daerah Pekanbaru, Bengkalis, Duri, Dumai, Kampar, Indragiri Hulu-Rengat, Pelelawan, Rokan Hulu, Payakumbuh, Medan, Siak, Minas dan Perawang yang dilaksanakan pada rentang bulan Mei-September 2015. Hasil dari survei disusun dan diolah menjadi draft strategi marketing dan didiskusikan dalam kegiatan focus group discussion pada tanggal 7 Desember 2015. Pada kegiatan ini dihadirkan narasumber yang berpengalaman dalam bidang marketing pendidikan yaitu Bapak Hariyadin Mahardika, dosen Universitas Indonesia.

Survey_ke_SMA_SMK  FGD-1

 Penyusunan Media Pembelajaran PVB/AK

Program penyusunan bahan ajar PVB/AK terdiri dari beberapa tahapan yaitu: pengumuman hibah, penerimaan proposal, review proposal, penentuan pemenang, pelaksanaan serta deseminasi. Pada tahun 2015 dilaksanakan 6 paket media pembelajaran.

Diseminasi_Media_Pembelajaran_01     Diseminasi_Media_Pembelajaran_02

 Program Pengembangan Skema RPL

Studi Penyusunan Skema RPL terdiri dari beberapa kegiatan yaitu: diskusi kajian literatur dengan mendatangkan narasumber Ibu Christina L Rudatin pada tanggal 28 April 2015, studi banding ke PNJ pada tanggal 21-23 April 2015 dan studi banding ke VTC Hongkong pada tanggal 11-14 Juni 2015, survei kebutuhan pasar, rapat kerja pada tanggal 14 September 2015 dengan narasumber Bapak M. Nurdin dari PolBan, dan focus group discussion pada tanggal 11-12 Desember 2015 dengan narasumber Bapak Ade Chandra dari PolBan .

Diskusi_Awal_RPL      IMG_7179      FGD_RPL_02

  • Hasil dari Program Studi Pengembangan Strategi Marketing adalah berupa draft dokumen strategi marketing terkait dengan proses penerimaan mahasiswa baru PCR.
  • Hasil dari Program Pengembangan Skema RPL adalah berupa draft proposal pengajuan program skema RPL.

3. Peningkatan Keterlibatan Sektor Swasta dalam Meningkatkan Daya Saing Lulusan Politeknik

Tujuan dari aktifitas ini agar dapat meningkatnya kualitas tenaga pengajar baik dalam hal keilmuan teori maupun praktik. Dengan meningkatnya kualitas tenaga pengajar tersebut, diharapkan dapat pula meningkatnya kualitas dan kuantitas proses pendidikan pada Politeknik Caltex Riau, dengan cara merevisi modul dan bahan-bahan ajar yang telah ada disesuaikan dengan teknologi yang telah didapat pada industri tempat tenaga pengajar tersebut magang. Setelah itu hasil akhir diharapakan dapat meningkatnya daya saing lulusan sehingga dengan mudah dapat ditempatkan pada dunia industri.

Dari awal pelaksanaan magang dosen ini sesuai dengan NOL yang diajukan akan menempatkan 3 orang dosen pada 2 perusahaan yaitu PT. Festo dan PT.Karakatau Steel. Setelah dilakukan proses korespodensi hanya PT. Festo yang bersedia menerima program magang dosen ini. Kegiatan magang dosen di lakukan di perusahaan PT Festo yang beralamat di Komplek Taman Techno BSD Blok A no 1 di Serpong Banten. Lamanya magang dosen di perusahaan PT Festo di mulai pada tanggal 29 September sampai dengan 17 Oktober 2015.

festo    festo2    festo3

Pelaksanaan magang dosen telah dilakukan sehingga secara personal dan secara institusi telah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Politeknik Caltex Riau. Saat ini para dosen tersebut sedang merencanakan modul-modul dan bahan ajar yang akan disesuaikan dengan teknologi di industri. Sehingga pada akhirnya didapat modul-modul dan bahan ajar yang berkualitas dan langsung dapat diterapkan pada proses pembelajaran dikelas ke mahasiswa.

TAHUN 2016

1. Peningkatan Mutu dan Relevansi Pendidikan

Pada tahun 2016 dilaksanakan program peningkatan kapasitas SDM berupa pelatihan dalam negeri dan luar negeri serta program-program kegiatan lain yang terkait dengan Pusat Unggulan Teknologi dan sosialisasinya, kemudian kegiatan lanjutan dari penyusunan kurikulum berupa penyusunan dokumen mutu kurikulum dan evaluasi kurikulum.

Telah teraksana kegiatan pelatihan dalam negeri yakni pelatihan inhouse training CNC melibatkan 10 staf, kemudian inhouse training mikrotik melibatkan 10 staf, pelatihan total quality management sebanyak 2 staf, pelatihan mikrokontroler sebanyak 3 staf, pelatihan elektronika daya sebanyak 2 staf, dan pelatihan autodesk 3D sebanyak 3 staf. Agenda pelatihan dalam negeri masih tersisa 5 pelatihan (K3,scada, instrumentasi, pneumatik, TQA), pelatihan yang terkait BNSP (3 buah) yakni asesor lisensi(1 orang), asesor kompetensi (8 orang) dan Materi Uji Kompetensi (2 orang) kemudian pelatihan luar negeri terdapat 4 pelatihan (CIM, CNC, PLC, power drive), kesemuanya belum terlaksana. Untuk program selain pelatihan yaitu Penyusunan Dokumen Mutu 2 program studi sudah didapakan NOLnya dan tinggal dilaksanakan, untuk program lain yaitu evaluasi krikulum 2 program studi, Pengembangan PUT, pengembangan bisnis PUT dan sosialisasi PUT/TUK/LSP belum diajukan TOR-nya.

DSCN2031 DSCN2030 mikrotik

Staf yang telah melaksanakan pelatihan tercatat 30 staf dengan pengetahuan CNC, mikrotik, autodesk 3D, mikrokontroler (ARM dan Raspberry), dan TQM. Untuk penyusunan dokumen mutu kurikulum kedua program studi telah terdapat kemajuan sebanyak 20%, yaitu tahap pembuatan materi uji mata kuliah kurikulum baru untuk beberapa mata kuliah.

2. Perluasan dan Kesetaraan Gender

Pada tahun 2016 dilaksanakan 3 aktivitas yaitu Peningkatan Penerimaan Mahasiswa Wanita yang bertujuan untuk peningkatan jumlah mahasiswa wanita di PCR terutama di Program studi Teknik Elektronika dan Teknik Mekatronika, Program Pengembangan Credit Transfer System (CTS) yang bertujuan untuk untuk mengembangkan CTS yang mendukung proses studi lanjut dari ke jenjang D3 dan Pengembangan Program Sertifikasi melalui Skema Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang bertujuan untuk mengembangkan program sertifikasi melalui skema RPL, dengan program ini diharapkan banyak masyarakat umum yang berpengalaman serta pekerja industri dapat memperoleh penyetaraan jenis dan strata pendidikan yang selaras dengan KKNI.

Program peningkatan penerimaan mahasiswa wanita dilaksanakan dalam bentuk sub aktivitas seminar peluang kerja wanita alumni politeknik yang telah dilaksanakan pada 19 mei 2016. Program Pengembangan Credit Transfer System (CTS) terdiri dari 3 sub aktivitas yaitu: studi pengembangan panduan CTS dan lokakarya pengembangan Panduan CTS serta melanjutkan program peningkatan kerja sama dengan SMK, dimana ke-3 sub aktivitas tersebut belum terlaksana. Program Pengembangan Program Sertifikasi melalui Skema Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) terdiri dari 5 subaktivitas: Program Pelatihan Untuk Proses Pelaksanaan Skema RPL Berbasis KKNI Prodi Teknik Elektronika, Program Pelatihan Untuk Proses Pelaksanaan Skema RPL Berbasis KKNI Prodi Teknik Mekatronika, Penyusunan Perangkat Asesmen RPL, Sosialisasi Program RPL, Pengajuan Program RPL ke DIKTI. Dari kelima aktivitas tersebut yang sedang dalam proses pelaksanaan adalah aktivitas penyusunan perangkat asesmen RPL.

wanita1 wanita3 wanita2

  • Hasil dari Program peningkatan penerimaan mahasiswa wanita berupa terlaksananya kegiatan seminar wanita yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada siswi SMA/SMK untuk kuliah di Politeknik. Melalui kegiatan tersebut juga telah tersosialisasikan program-program penerimaan mahasiswa baru Politeknik Caltex Riau.
  • Hasil dari Program Pengembangan Credit Transfer System (CTS), sampai saat ini belum ada.
  • Hasil dari Pengembangan Program Sertifikasi melalui Skema Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), sampai saat ini berupa draft dokumen perangkat asesmen RPL serta draft proposal pendirian RPL.

3. Peningkatan keterlibatan swasta dalam meningkatkan daya saing lulusan

Saat ini PCR  sudah menjalin beberapa kemitraan dengan pihak Industri seperti: PT.CPI; PT.IKPP; PT.RAPP; PT.Sritrang Lingga, Bank Riau Kepri, PT.Schneider dll. Bukti Kemitraan PCR dengan pihak Industri tersebut ditandai dengan adanya Dokumen MoU yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.Tujuan pada program ini adalah Terjalinnya kerjasama dalam bentuk MoU antara Politeknik Caltex Riau dengan beberapa Industri dalam hal perekrutan pekerja di industri tersebut. Selain itu diharapkan dengan MoU ini mempermudah pihak industri untuk mendapatkan calon-calon pekerja yang terampil yang sesuai dengan kebutuhan industri tersebut. Sedangkan dari pihak Politeknik Caltex Riau sebagai Institusi Pendidikan sangat terbantu agar alumninya dapat mudah terserap.

Dalam rangka mendukung program MP3EI ini PCR akan terus mengembangkan kemitraannya dengan beberapa pihak Industri terutama dengan Industri yang telah mempunyai ikatan kerjasama. PCR akan terus aktif berkomunikasi dengan pihak Industri yang telah mempunyai ikatan kerjasama tersebut agar dapat meningkatkan kerjasamanya terutama untuk rekruitmen lulusan. Jika kesepakatan tersebut tercapai maka akan dilakukan Penandatanganan MoU sehingga kemitraan yang terjalin dapat berlangsung dengan baik dalam koridor butir-butir MoU.

Program MoU kerjasama perekrutan pekerja antara Politeknik Caltex Riau dan Industri ini sejak awal diselaraskan dengan program sebelumnya yaitu   kunjungan industri dan MoU kerjasama dalam magang mahasiswa. Selain itu harapannya pihak industri mau melakukan penandatanganan MoU agar program kerjasama tersebut dapat berkesinambungan. Sebelum program MoU kerjasama ini disepakati PCR melakukan beberapa kunjungan-kunjungan untuk melakukan komunikasi awal ke beberapa industri-industri seperti PT.Sekawan dan PT.P&G di cikarang. Kunjungan ke PT. Sekawan dan PT. P&G telah dilaksanakan pada bulan Juni 2016 dan saat ini antara PCR dan Pihak Industri sedang intensif membicarakan butir-butir MoU agar dapat menghasilkan isi kerjasama yang sesuai diinginkan kedua belah pihak. Selain PT. Sekawan dan PT. P&G PCR juga akan melakukan MoU dengan PT.IKPP dan PT. RAPP. Dan rencana kunjungan ke peusahaan tersebut dilaksanakan pada bulan september 2016.

Untuk program kerjasama MoU rekruitmen lulusan sedang membicarakan isi kerjasama yang akan dijalin kedua belah pihak. Sehingga kalau kedua belah pihak menyetujui isi kerjasama tersebut akan dilakukannya penandatanganan MoU.  Bagian dari program ini yang telah dilaksanakan yaitu kunjungan industri ke beberapa perusahaan agar pihak PCR dapat menyampaikan tujuan dari diadaknnya MoU nantinya.

TOP