×

Languange

FORGOT YOUR DETAILS?

CREATE ACCOUNT

Sekilas tentang Politeknik LPP

Politeknik LPP didirikan dalam rangka  memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di sektor industri perkebunan melalui jalur Pendidikan Tinggi dalam bidang Vokasi. Dalam pengembangan progam pendidikannya, Politeknik Perkebunan LPP berupaya menciptakan lulusan yang siap kerja dengan cara selalu menjalin kerja sama dengan dunia industri, baik dalam progam belajar maupun penyaluran alumninya.

Politeknik LPP telah bermitra dengan BUMN Perkebunan dan perusahaan perkebunan swasta. Sebagai Perguruan Tinggi yang paling berpengalaman dalam industri perkebunan, Politeknik Perkebunan LPP telah meluluskan ahli-ahli perkebunan yang banyak menduduki jabatan-jabatan strategis di perusahaan perkebunan. Industri juga memiliki peran dalam proses belajar mengajar, antara lain dalam Praktek Lapangan. Sehingga lulusan Politeknik LPP memiliki komptensi sesuai standaar yang dibutuhkan industri perkebunan,

Politeknik LPP memiliki 4 (Empat) Program studi jenjang Diploma III (Teknik Kimia, Teknik Mesin, Budidaya Tanaman Perkebunan, dan Akuntansi) dan 1 (Satu) Program studi Jenjang Diploma IV (Budidaya Tanaman Perkebunan). Semua program studi yang ada di Politeknik LPP kami sesuaikan dengan kebutuhan yang ada di industri perkebunan.

Adapun visi dan Misi Politeknik LPP adalah

  1. Visi

Politeknik LPP menjadi pusat keunggulan strategis LPP yang prominent melalui jalur pendidikan vokasi,

  1. Misi

Mendukung pengembangan industri di Indonesia baik pengembangan industri baru maupun perbaikan mutu industri yang sudah ada melalui pengadaan SDM yang dapat mengantisipasi kemajuan/perkembangan teknologi serta memiliki kemampuan yang sesuai dengan persyaratan dan kebutuhan bidang kerja terutama di bidang agro industri.

Sebagian besar lulusan Politeknik LPP langsung terserap ke industri perkebunan dan telah tersebar diseluruh Indonesia

KEGIATAN PEDP DI POLITEKNIK LPP

Program Polytechnic Education Development Project merupakan program hibah yang dilaksanakan atas hasil kerjasama ADB dengan DIKTI (RISTEKDIKTI) yang diperuntukkan bagi politeknik yang ada diseluruh Indonesia melalui kompetisi proposal. Politeknik LPP sebagai salah satu penerima hibah telah melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam hal pengembangan kemampuan mahasiswa dan pengajar Politeknik LPP khususnya untuk program studi Teknik Mesin dan Teknik Kimia. Selain itu juga dilakukan program pengadaan peralatan laboratorium. Beberapa alat yang dibeli diantaranya:

  1. Pendukung Lab. Mesin dan Lab Kimia

Kegiatan ini kami gunakan untuk menunjang pembelian alat baru dengan memasang daya baru. Dengan adanya tambahan daya tersebut kami bisa mengoptimalkan pemanfaatan penggunaan alat-alat baru yang kami beli

  1. AC dan IT kelas

Kegiatan pengadaan ini kami gunakan untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar di kelas, dengan pemasangan proyektor dan AC di setiap kelas kami berharap mahasiswa dan pengajar/dosen merasa nyaman dalam kegiiatan belajar dan mengajar. Dalam paket IT kami juga membeli server dan ups yang kami gunakan untuk mengupdate kemampuan penyimpanan database kami.

  1. Simulator Boiler

Kegiatan pengadaan ini kami gunakan untuk memberi pengalaman dan pengetahuan kepada mahasiswa bagaimana proses operasional boiler. Dengan begitu kami berharap mahasiswa mampu dan mempunyai skill jika nanti sudah bekerja di industry.

  1. Peralatan Lab. Anlisa Gula

Kegiatan pengadaan ini kami gunakan untuk membeli beberapa peralatan khusus untuk analisa gula yang diantaranya sucromat. Alat tersebut sangat langka dimiliki oleh laboratorium analisa yang ada bahkan dalam industry gula hanya beberapa yang meiliki alat tersebut. Kami berharap dengan membeli alat tersebut mahasiswa mampu mengoperasikan alat tersebut dan memperoleh pengetahuan tentang fungsi alat tersebut.

  1. Peralatan Lab. Bahan Teknik dan Konstruksi Las

Kegiatan pengadaan ini kami gunakan untuk mengupgrape peralatan yang sudah kami miliki dengan tujuan agar proses praktikum yang kami lakukan lebih baik dan effisien serta kami harapkan mahasiswa bisa jauh lebih berkembang kemampuan skillnya dalam penggunaan alat.

Pelaksanaan Program

Pada kegiatan Hibah PHK PMPP ini Politeknik LPP melakukan kegiatan diantaranya:

  1. Penyusunan kurikulum berbasis KKNI
  2. Pembentukan LSP Industri Gula
  3. Pelatihan untuk Dosen (assessor kompetensi dan sertifikasi keahlian)
  4. Pembuatan Teaching Learning Material
  5. Perumusan Program RPL
  6. Perbaikan sistem kelola manajemen
  7. Keterbukaan akses Politeknik LPP

Hal ini diselenggrakan dengan tujuan untuk pemenuhan output indicator yang sudah disepakati bersama sebelum program hibah PHK PMPP ini berjalan. Dengan adanya kegiatan yang berkesinambungan maka diharapkan ouput dari kegiatan hibah PHK PMPP ini bisa mencapai apa yang diharapkan. Beberapa kegiatan diatas merupakan salah satu titik balik perkembangan pendidikan vokasi di Politeknik LPP. Terutama program Kurikulum Berbasis KKNI dan Pembentukan LSP Gula  dengan danya 2 program tersebut Politeknik LPP menjadi lebih jauh berkembang dan mendapatkan banyak masukan dari kalangan industry pengguna lulusan Politeknik LPP. Dengan adanya hal tersebut kemampuan pengajar/dosen Politeknik LPP juga harus ditinggkatkan dengan Program sertifikasi keahlian dan Assesor Kompetensi.

TOP
Skip to toolbar