Politeknik Mekatronika Sanata Dharma Dapat Bantuan Hibah

/ / Berita, PEDP, Politeknik Indonesia, Polytechnic Education Development Project
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma Dapat Bantuan Hibah

Yogyakarta – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) serahkan hibah peralatan kepada enam politeknik swasta dan diantaranya Politeknik Mekatronika Sanata Dharma.

Hibah tersebut merupakan bentuk dari proyek pengembangan pendidikan politeknik atau Polytechnic Education Development Project (PEDP) yang bekerjasama dengan Asian Development Bank.

Direktur PMSD, Eko Aris Budi Cahyono, mengatakan bahwa pihaknya telah memperolah hibah sejak tahun 2013 hingga 2016, kemudian dilanjutkan di tahun 2017 hingga 2019 nanti.

“Karena dananya dari pemerintah dan yang merupakan pinjaman ke Asian Development Bank (ADB) maka pengadaan barang yang diterima PMSD masih milik negara sebelum diserahterimakan ke PMSD,” ulasnya Kamis (22/3/2018).

Dan yang belum lama ini digelar adalah serah terima aset untuk periode 2015 dan 2016.

Sejauh ini, banyak peralatan yang diterima PMSD antara lain adalah hardware praktik industrial machine vision yang digunakan untuk praktik Vision Sensor, hardware praktik teknik kendali yang digunakan untuk praktik sensor, motor listrik, akuisisi data, elektro pneumatik.

Ada pula hardware multimedia pembelajaran yang digunakan untuk penunjang perkuliahan.

Adapun bentuk hibah itu diwujudkan untuk meningkatkan sarana dan prasarana praktik dan keterampilan serta dapat mendukung optimalisasi kegiatan pendidikan di kampus.

Sebelumnya, saat penyerahan hibah di Bandung, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Prof. Intan Ahmad berharap, berharap hibah aset tersebut dapat menjadi stimulus dalam mengembangkan pendidikan vokasi yang lebih berkualitas di kampus masing-masing.

Selain itu juga dapat mampu memnghasilkan lebih tenaga kerja terampil-kompetitif.

“Sebuah politeknik harus disiapkan agar memiliki sistem pembelajaran yang kuat dalam pembentukan karakter dan profesionalisme. Tentunya, dengan peralatan pendukung atau kegiatan praktek yang memadai, juga tenaga pengajar yang mampu membimbing mahasiswa menjadi terampil,” ucapnya.

 

Sumber: Tribun Jogja, ‘Politeknik Mekatronika Sanata Dharma Dapat Bantuan Hibah‘, 22 Maret 2018, <http://jogja.tribunnews.com/2018/03/22/politeknik-mekatronika-sanata-dharma-dapat-bantuan-hibah> [diakses 12 April 2018]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *