×

Languange

FORGOT YOUR DETAILS?

CREATE ACCOUNT

Sekilas tentang Politeknik Negeri Bali

Politeknik Negeri Bali merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Bali yang berlokasi di kawasan Bukit Jimbaran Kabupaten Badung Bali. Kampus ini memulai kuliah perdananya pada tanggal 5 Oktober 1987 yang pada waktu itu masih bernama Politeknik Universitas Udayana dan disyahkan menjadi Politeknik Negeri Bali  berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 081/O/1997  tanggal 24 April 1997.  Peresmian dan penandatanganan prasasti papan Politeknik Negeri Bali dilakukan tanggal 12 September 1997 oleh Sekretaris Jenderal Pendidikan Tinggi.

Visi Politeknik Negeri Bali 2025

 “ Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Vokasi Terdepan Penghasil Lulusan Profesional Berdaya saing Internasional Pada tahun 2025

Misi Politeknik Negeri Bali Tahun 2015-2019

Dari visi yang telah dirumuskan di atas ditetapkan 7 (tujuh) misi PNB sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang dapat diakses secara merata dan berkesetaraan bagi masyarakat.
  • Menyelenggarakan pendidikan bidang vokasi yang berkarakter kebangsaan dengan standar mutu nasional dan regional Asia-Pasifik.
  • Melaksanakan penelitian bertaraf internasional pada bidang keilmuan dan teknologi terapan.
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berlandaskan pada penerapan keilmuan dan teknologi.
  • Menyelenggarakan kerjasama di kawasan regional aspac.
  • Mengembangkan sistem tata kelola yang inovatif, transparan, dan akuntabel didukung oleh sumber-sumber daya yang bertaraf internasional.
  • Membangun keunggulan lembaga yang  berorientasi pada kepariwisataan.

Jurusan dan Program Studi di Politeknik Negeri Bali

  1. Jurusan Teknik Sipil.Program Studi Teknik Sipil (D3).

    Program Studi Manajemen Proyek Konstruksi (D4)

  2. Jurusan Teknik Mesin.Program Studi Teknik Mesin (D3).

    Program Studi Refrigrasi dan Tata Udara (D3).

  3. Jurusan Teknik Elektro.Program Studi Teknik Instalasi Listrik (D3).

    Program Studi Sistem Informasi (D3).

  4. Jurusan Akuntansi.Program Studi Akuntansi (D3).

    Program Studi Akuntansi Manajemen (D4).

  5. Jurusan Administrasi Niaga.Program Studi Administrasi Bisnis (D3).

    Program Studi Manajemen Bisnis Internasional (D4).

  6. Jurusan Pariwisata.

    Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (D3).

    Program Studi Perhotelan (D3).

    Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata (D4)

Kegiatan PEDP di Politeknik Negeri Bali

 

    Pelaksanaan Program

    CENTER OF TECHNOLOGY (COT)

    Politeknik Negeri Bali (PNB), sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi merespon permintaan masyarakat dengan mengekspos visinya sebagai pendidikan tinggi vokasi terdepan yang menghasilkan lulusan profesional yang memiliki daya saing internasional pada tahun 2025, dengan menggunakan pariwisata sebagai payung utama sebagai misinya. Hal ini didukung oleh keberadaan Bali sebagai destinasi pariwisata utama di Indonesia dan Politeknik Negeri Bali berlokasi di tengah-tengah kawasan di mana pariwisata berkembang dengan baik seperti Kuta, Jimbaran, Nusa Dua, dan Sanur serta dekat dengan Bandara Inernasional Ngurah Rai.

    Untuk meminimalkan konsekuensi negatif dari pariwisata dan event, PNB telah berkomitmen untuk membangun COT Tourism and event. Pengembangan COT telah sejalan dengan rencana pembangunan jangka panjang lembaga. COT tourism and event memiliki korelasi yang kuat dengan visi dan misi institusi dalam upaya untuk mengembangkan pusat keunggulan pada bidang pariwisata.

    COT ini diharapkan dapat mendorong partisipasi masyarakat akademik di PNB dan pemangku kepentingan di luar lembaga untuk berbagi nilai dan pengetahuan untuk mewujudkan pusat unggulan teknologi pada bidang pariwisata dan event , ditandai dengan efisiensi sumber daya, budaya dan pelestarian alam.

    Pada tahun 2015 PNB telah menyelenggarakan sebuah event yang diberi nama CULTIC (Culture and Tourism International Camps) sebagai salah satu produk awal COT. Bentuk  kegiatan  ini  berupa  perkemahan  selama  2  hari  1  malam, berlokasi di Desa Mas Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar Bali diikuti oleh peserta mahasiswa asing dan dan juga mahasiswa dalam negeri. Kegiatan perkemahan berupa pelatihan kebudayaan (seni tari, seni lukis, seni gamelan) dan dilengkapi dengan   conference  dan   exhibition   yang   berkaitan   dengan   kebudayaan   dan penutupannya dilaksanakan di Politeknik Negeri Bali.

    Kegiatan Pada Pengadaaan Peralatan PEDP :

    Jurusan Pariwisata PNB memiliki tiga program studi, yaitu: Program Studi D III Usaha Perjalanan Wisata (Travel and Tourism), Program Studi D III Perhotelan (Hotel and Hospitality), dan Program Studi D IV  Manajemen Bisnis Pariwisata. Lab yang ada di Jurusan Pariwisata adalah Lab komputer, Lab Bahasa, Lab Biro Perjalanan Wisata, Lab MICE,  Lab Tour Guiding (bus), Lab Kitchen, Lab Bar and Restaurant, dan Lab Hotel dengan fasilitas kamar bertipe Superior, Deluxe, dan Suite yang dilengkapi dengan Meeting Room. Lab. Hotel ini adalah hotel training, yang digunakan di samping untuk praktik bidang perhotelan juga dikomersialkan.

    Paket pengadaan barang PEDP yang sudah dibeli di PNB adalah baru satu  paket yaitu  furnitur pendukung lab yang serah terima barang dilakukan pada bulan Mei 2016. Kegiatan praktek  menggunakan barang  tersebut antara lain seperti berikut:

    pnb-img1

    Dalam Renstra PNB tertera visi PNB adalah sebagai institusi terdepan dalam menghasilkan tenaga profesional yang memiliki daya saing internasional pada tahun 2015. Salah satu misinya adalah menghasilkan tenaga handal yang berorientasi pada kebutuhan pasar dengan pariwisata sebagai unggulan. Dalam ikut mendorong peningkatan dan perluasan ekonomi Indonesia sesuai Master Plan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI, maka melalui PEDP, PNB mengusulkan kegiatan pada empat pilar yaitu:

    • Pengembangan program studi pendukung pusat unggulan tourism and event, untuk fokus pengembangan peningkatan mutu dan relevansi dengan mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri pariwisata dan KKNI, meningkatkan kompetensi dosen dalam ilmu terapan, mengusulkan pendirian master terapan (S2) pariwisata.
    • Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi dan Tempat Uji Kompetensi, juga mendukung fokus pengembangan peningkatan mutu dan relevansi.
    • Peningkatan akses melalui pengembangan PDD, RPL dan Pelatihan-pelatihan Singkat pada bidang tourism and event, mendukung fokus pengembangan peningkatan akses dan kesetaraan.
    • Peningkatan daya saing lulusan melalui kerjasaama dengan pihak industri pariwisata, mendukung fokus pengembangan peningkatan keterlibatan sektor swasta dalam meningkatkan daya saing lulusan.
    TOP
    Skip to toolbar