×

Languange

FORGOT YOUR DETAILS?

CREATE ACCOUNT

Sekilas tentang Politeknik Negeri Bangka Belitung

oliteknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung [POLMAN BABEL] yang terletak di Kawasan Industri Air Kantung Sungailiat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bermula dari Politeknik Manufaktur Timah didirikan oleh PT. Timah Tbk pada tahun 1994 dengan tujuan pendirian sebagai sumbangsih perusahaan di bidang pendidikan. Pada Tanggal 18 Oktober 2010, berdasarkan Peraturan Menteri No. 25 Tahun 2010 tentang Pembentukan Organisasi Tata Kelola Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, Politeknik Manufaktur Timah secara resmi berubah dari institusi pendidikan tinggi vokasi swasta menjadi perguruan tinggi negeri bernama Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung [POLMAN BABEL]. Polman Negeri Babel berkiprah dan meluluskan lebih dari 2.000 alumni yang terserap ke berbagai sektor pekerjaan dari industri nasional, perusahaan multi nasional, perusahaan internasional maupun sektor usaha mandiri atau wiraswasta.

IMG_3970

Saat ini Polman Babel memiliki  2 Jurusan yaitu Jurusan Teknik Mesin dan Jurusan Teknik Elektro dan Informatika. Dengan 5 program studi yaitu Jurusan Teknik Mesin dengan Program Studi DIII Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin dengan akreditasi B, Program Studi DIII Teknik Perancangan Mekanik dengan akreditasi B, Program Studi DIV Teknik Mesin dan Manufaktur. Jurusan Teknik Elektro dan Informatika dengan Program Studi DIII dengan akreditasi B dan Program Studi DIV Teknik Elektronika.

Selain menyelenggarakan pendidikan vokasional, Polman Negeri Babel juga aktif dalam mengembangkan Teknologi Tepat Guna (TTG) melalui kerja sama dengan institusi pemerintah dan industri di Bangka Belitung dan sekitarnya.

Kegiatan PEDP di Politeknik Negeri Bangka Belitung

Proposal PEDP Polman Babel disusun untuk mendukung terlaksananya program-program pemerintah khususnya pada pelaksanaan MP3EI untuk sektor Perkapalan. Proposal yang diusulkan memuat aktivitas kegiatan yang mengacu pada 4 fokus pengembangan yaitu Peningkatan Mutu dan Relevansi Pendidikan, Perluasan Akses dan Kesetaraan Jender, Peningkatan Keterlibatan Sektor Swasta dalam Meningkatkan Daya Saing Lulusan serta Penguatan Tata Kelola Penyelenggaraan Pendidikan.

Pada program peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan telah direncanakan aktivitas pengembangan yang meliputi Pengkajian learning outcome program studi dan rintisan AK, pengembangan kurikulum berdasarkan standar industri serta mengacu pada KKNI, peningkatan Kualitas dan layanan proses belajar mengajar dan serta pengembangan LSP dan TUK.

Pada program Perluasan Akses dan Kesetaraan Jender telah direncanakan program seperti pembentukan program rintisan AK dan Sistem RPL, Program Beasiswa Perluasan Akses dan Kesetaraan  serta Pengembangan program-program pelatihan singkat untuk calon  pekerja.

Pada program Keterlibatan Sektor Swasta dalam Meningkatkan Daya Saing Lulusan telah direncanakan kegiatan Peningkatan Pengakuan oleh industry /asosiasi profesi terhadap kurikulum prodi yang telah direvisi  dan Peningkatan kerjasama  pengembangan  keterampilan dosen dan mahasiswa  dengan asosiasi profesi/industri.

Pada Penguatan Tata Kelola Penyelenggaraan Pendidikan telah direncanakan PengembanganSistem Layanan Mahasiswa Baru dan Lulusandan Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal (SPMI-E).

Outcome dari usulan seluruh perencanaan aktivitas ini diharapkan :

  • Meningkatnya jumlah lulusan Polman Babel yang bekerja di industri perkapalan
  • Meningkatnya jumlah mahasiswa yang terdaftar di Polman Babel yang mendukung keahlian di industri perkapalan

Pelaksanaan Program

Kegiatan pada peralatan yang dibeli

Adapun peralatan yang sudah dibeli adalah :

Pump Installation Basic Maintenance Programe

Pengadaan alat ini terutama ditujukan untuk praktikum prodi perawatan dan perbaikan mesin semester 1 dan 2 dan uji kompetensi TUK.  Mahasiswa diajarkan mengenai rangkaian pemasangan Pompa secara seri dan secara paralel, termasuk perhitungan debit Pompa.  Selanjutnya  mahasiswa diberikan kesempatan praktik dan diberikan juga troublesorting.  Masing-masing rangkaian Pompa sudah dirancang sedemikian rupa sehingga mampu memberikan pengetahuan dan keterampilan terhadap permasalahan yang sering terjadi pada Pompa dan rangkaian instalasi  perpipaanya.  Perlengkapan yang termasuk dalam rangkaian instalasi Pompa ini,  selain mesin Pompa itu sendiri dan bak penampungan air [di bawah meja] adalah berupa katup-katup  pengatur rangkaian seri dan rangkaian parallel  lengkap dengan  manometer pengukur tekanan aliran cairannya.

 

Mounting dismounting basic maintenance programe dan  Accessories Bearing

Pengadaan alat ini terutama ditujukan untuk praktikum prodi perawatan dan perbaikan mesin semester 1 dan 2 dan uji kompetensi TUK.  Mahasiswa dikenalkan langsung pada berbagai jenis bantalan baik bantalan gelinding maupun bantalan luncur.  Satu mahasiswa menggunakan satu set peralatan bongkar dan pasang bearing.  Berbagai metoda memasang dan melepas bearing diajarkan dan dipraktikkan, misalnya memasang dengan menggunakan pipa atau selongsong dan palu, menggunakan press tangan, menggunakan baut dan mur, menggunakan extractor luar dan extractor dalam dan lain sebagainya. Selain itu mahasiswa juga dijelaskan dan ditunjukkan  mengenai ciri-ciri kerusakan bearing baik kerusakan akibat pemasangan, akibat kesalahan pelumas, akibat pembebanan maupun akibat masa pengguaan.

 

TOP
Lewat ke baris perkakas