×

Languange

FORGOT YOUR DETAILS?

CREATE ACCOUNT

Sekilas tentang Politeknik Negeri Cilacap

Kabupaten Cilacap merupakan daerah terluas di Jawa Tengah yang memiliki 24 Kecamatan dan 285 Desa berada pada posisi ujung barat selatan dan berbatasan dengan Jawa Barat.

Politeknik Cilacap dibangun atas dasar gagasan dan semangat Bupati Cilacap pada tahun 2006 untuk memberikan kesempatan masyarakat cilacap meningkatkan tingkat kehidupan melalui jenjang pendidikan yang selaras dan sejalan dengan program pemerintah cilacap menuju daerah pro investasi.

Politeknik Cilacap dibangun atas dasar program hibah dari Dikti 70 % dan Kabupaten Cilacap 30% serta 10 Ha Tanah. Dengan ijin pendirian dari Dikti No.125/D/O/2008 Politeknik Cilacap didukung oleh SDM yang berkualitas serta ditunjang oleh gedung yang baru dan fasilitas laboratorium terkini dan modern sesuai dengan standar peralatan industri dari Eropa, Amerika dan Jepang, juga menerima mahasiswa, mendidik mahasiswa yang sesuai kebutuhan instansi dan perusahaan serta menyalurkan tamatan kedunia kerja ke instansi dan perusahaan yang sudah terikat kerjasama dengan Politeknik Cilacap.

Selain kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan Program Studi, Politeknik Cilacap juga membekali mahasiswa dengan ketrampilan Bahasa Inggris, agar nantinya lulusan Politeknik Cilacap bisa bersaing dengan lulusan perguruan tinggi yang lain.

VISI

Menjadi pusat pengkajian dan penerapan ilmu pengetahuan teknologi, yang dapat memberikan kecerdasan dan kemakmuran bagi masyarakat, bangsa dan Negara, yakni :

  1. Dipercaya sebagai wadah pengembangan keahlian profesional (Technology Center).
  2. Diakui sebagai media industri dalam pengembangan usaha (Production Center).
  3. Diminati masyarakat sebagai lembaga pendidikan unggulan untuk mencerdaskan bangsa (Education Center).

MISI

Dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Politeknik Negeri Cilacap mempunyai misi untuk :

  1. Menghasilkan anggota masyarakat berkarakter yang selalu menjunjung tinggi identitas bangsa Indonesia.
  2. Menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), yang memiliki ketrampilan (Skill), sikap mental (Attitude), penguasaan pengetahuan dan teknologi (Knowledge) yang sepadan dengan kebutuhan pembangunan, khususnya industri.
  3. Mengkaji dan menerapkan IPTEK agar tetap menjadi unsur pendorong penegak nilai-nilai kemanusiaan dan kesejahteraan umat manusia secara berkelanjutan.

JATI DIRI POLITEKNIK NEGERI CILACAP

Dalam menjalankan visi dan misinya, Politeknik Negeri Cilacap akan berpedoman :

  1. Selalu memegang teguh pada pengembangan, pengkajian dan penerapan Ilmu Pengetahuan, Teknologi (IPTEK) dan Seni ke dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Aspirasi untuk meningkatkan berfungsinya IPTEK dalam kehidupan industri dan masyarakat.
  3. Bersikap untuk selalu mengabdikan diri kepada masyarakat dan mempelopori pembangunan.

Kegiatan PEDP di Politeknik ...

Text kegiatan PEDP di politeknik ..

Pelaksanaan Program

Pengadaan Laboratorium Pemesinan

pengadaan-lab-pemesinan-engtaver-drill-_-milling-machinee  pengadaan-lab-pemesinan-drill-_-milling-machine  pengadaan-lab-pemesinan-power-press-punching-machine

  • Latar Belakang

Politeknik Negeri Cilacap merupakan pendidikan vokasi yang terletak di kabupaten Cilacap yang merupakan satu-satunya kawasan industri di wilayah jawa bagian selatan. Kabupaten Cilacap juga mempunyai pantai terpanjang di daerah selatan jawa tengah, dengan beberapa industri besar diantaranya Pertamina RU IV, PT Holcim Tbk, PLTU Karangkandri, PT Pangan Mas Inti Persada dan PT Pelindo. Selain industri tersebut, terdapat pula beberapa Rumah Sakit diantaranya RSUD Cilacap, RSUD Majenang, RSI Fatimah, RS Pertamina Cilacap, RS Santa Maria dan RS Aprilia. Melihat kondisi tersebut, diperlukan keselarasan antara kompetensi lulusan Politeknik Negeri Cilacap dengan industri–industri tersebut, yang merupakan pasar utama bagi lulusan. Selain itu, kegiatan Pendidikan di Politeknik Negeri Cilacap harus dapat mendukung pengembangan ekonomi sesuai dengan Program Pemerintah MP3EI. Pada Prodi Teknik Mesin, terdapat sejumlah kegiatan yang bersifat revenue generate activity berupa pelayanan kegiatan produksi. Kegiatan tersebut dikerjakan oleh mahasiswa praktek pada mata kuliah yang gayut dengan proses produksi tersebut.

Program Studi Teknik Elektronika sudah memiliki peralatan berupa Pneumatik  untuk menunjang kompetensi Kontrol & Otomasi sudah tersedia, hanya kuantitas dan ruangan berupa Laboratorium belum tersedia. Selain itu, terdapat Lab Kontrol hanya saja alat yang diperlukan untuk menunjang kompetensi kontrol belum terpenuhi secara kuantitas. Salah satu upaya untuk peningkatan kompetensi lulusan adalah peningkatan mutu pembelajaran dengan cara meningkatkan layanan kepada mahasiswa dalam kegiatan praktek di laboratorium dan lapangan. Upaya ini dilakukan karena kompetensi bisa ditingkatkan dengan memberikan jumlah jam praktek riil yang sesuai dengan kurikulum. Dengan adanya proyeksi penambahan student body masing-masing Politeknik sesuai dengan target DIKTI, maka perlu adanya peningkatan layanan kegiatan praktek di laboratorium dan lapangan agar jumlah jam praktek riil sesuai kurikulum dapat tercapai. Oleh sebab itu, perlu adanya penambahan pada peralatan laboratorium.

  • Tujuan

Aktivitas ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan sehingga tercipta mutu dan  relevansi program studi dengan industri guna mendukung MP3EI.

  • Manfaat

Dengan dilaksanakannya aktivitas pengadaan ini dapat meningkatkan kompetensi lulusan dalam bidang pemesinan dengan tercapainya jumlah jam praktek riil sesuai kurikulum.

Pengadaan Stasiun Radio Kampus

pengadaan-stasiun-radio-kampus-3 pengadaan-stasiun-radio-kampus1

  • Latar Belakang

Tujuan promosi adalah untuk memperkenalkan Politeknik Negeri Cilacap ke masyarakat luas. Media promosi yang menarik, semakin meyakinkan dan menambah kepercayaan masyarakat pada umumnya dan lulusan SMA/SMK pada khusunya untuk menempuh studi di Politeknik Negeri Cilacap. Jika melihat student body Prodi Teknik Mesin dan Prodi Teknik Elektronika, jumlah mahasiswa dikedua Prodi tersebut relatif sedikit, sehingga perlu ditingkatkan. Semakin tinggi kepercayaan masyarakat terhadap Politeknik Negeri Cilacap maka secara otomatis jumlah pendaftar calon mahasiswa baru akan meningkat juga. Semakin tinggi rasio pendaftar dan yang diterima dalam seleksi PMB juga akan meningkatkan kualitas mahasiswa baru Politeknik Negeri Cilacap. Selain jumlah mahasiswa, wujud kepercayaan masyarakat terhadap Politeknik Negeri Cilacap juga dapat dilihat dari keterserapan lulusan di dunia kerja. Terlihat bahwa keterserapan lulusan Politeknik Negeri Cilacap di dunia kerja relatif  rendah terutama Prodi Teknik Elektronika, sehingga perlu ditingkatkan dengan promosi profil lulusan Prodi Teknik mesin dan Teknik Elektronika kepada masyarakat, terutama masyarakat industri sebagai pasar utama pengguna lulusan Politeknik Negeri Cilacap.

Media promosi merupakan sarana yang efektif untuk memasarkan Politeknik Negeri Cilacap kepada masyarakat. Meningkatnya jumlah mahasiswa merupakan salah satu  indikator keberhasilan strategi pemasaran Politeknik Negeri Cilacap. Dengan adanya media promosi yang menarik diharapkan jumlah mahasiswa Politeknik Negeri Cilacapsemakin meningkat. Selain itu dengan media promosi yang menarik Politeknik Negeri Cilacap juga bisa mempromosikan lulusannya agar keterserapan lulusan di dunia kerja bisa meningkat.

  • Tujuan

Tujuan dari program ini untuk meningkatkan jumlah mahasiswa, pelayanan kualitas dan keterserapan lulusan Prodi Teknik Mesin dan Teknik Elektronika melalui pengembangan media promosi.

  • Manfaat

Stasiun radio yang terbentuk digunakan sebagai sarana praktek mahasiswa teknik elektronika di bidang rangkaian  elektronika dan sebagai wadah kegiatan mahasiswa di bidang broadcasting. Selain itu stasiun radio juga bisa digunakan sebagai sarana promosi. Media radio untuk promosi dipilih karena bisa menjangkau masyarakat luas. Eksistansi media radio masih bisa terus bertahan walaupun sudah ada media televisi maupun internet.

 

TOP
Lewat ke baris perkakas