Politeknik Negeri Jakarta Gelar “Smart Education For Indonesia” Untuk Kedua Kalinya

/ / Berita, Seminar
Politeknik Negeri Jakarta Gelar “Smart Education For Indonesia” Untuk Kedua Kalinya

DepokSmart Education For Indonesia (SEFI) tahun ini merupakan yang kedua kalinya dalam pelaksanaan program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) departemen pendidikan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

Acara SEFI kali ini terdiri dari 2 tema, yaitu seminar beasiswa dengan tema “National and International Scholarship”. Dalam seminar ini sharing mengenai cara mendapatkan beasiswa di Indonesia maupun luar negeri dan tips untuk mendapatkan beasiswa. Untuk seminar keduanya ialah prospek kerja dengan tema “Polytechnic Existence For a Glorlous Future”, acara ini berbagi pengalaman mengenai dunia kerja seperti apa dan setelah lulus kuliah lalu masuk dunia kerja bagaimana cara menghadapinya nanti.

Andi Setya Utama, Ketua BEM PNJ saat ditemui di PNJ, Aula Gedung Q (25/04/2018) menjelaskan,

“BEM ini mempunyai peranan yang signifikan untuk teman-teman PNJ dan masyarakat luar. SEFI ini memberikan program yang cukup baik dinilai dari segi rektor ataupun mahasiswa.”

Saat ini pemerintah sedang menggalakan pendidikan vokasi yang dapat menghasilkan pekerja yang kompeten dibidangnya. Namun, hal ini dilihat oleh BEM dari sebagian besar mahasiswa yang masih kurang percaya diri dengan tujuannya ketika lulus studinya di politeknik untuk melanjutkan studinya atau masuk dunia kerja. Oleh karena itu, program SEFI ini dapat mengarahkan mahasiswa yang dilema menetukan pilihan setelah lulus melanjukan kuliah atau kerja.

Diharapkan Dapat Meluruskan Tujuan Mahasiswa

Untuk tahun ini, output yang akan diharapkan dari mahasiswa PNJ ini untuk meluruskan tujuan mahasiswa yang masih bimbang memilih melanjutkan studinya kejenjang yang lebih tinggi atau langsung bekerja sesuai dengan keahliannya di jurusan.

“Mengenai yang masih bingung apabila lulus poltek (Politeknik) apakah ingin kerja dulu atau meneruskan studinya. Dari SEFI tahun ini lah memberikan dampak pada teman-teman PNJ dan juga memperlebar cakupannya untuk teman-teman bersekolah SMA atau SMK mengenai politeknik,” jelas Andi.

SEFI juga menghadirkan pembicara yang kompeten dibidangnya, seperti Retna Pratiwi, Rido Nurul Adityawan selaku CEO Ayam Gepuk Pa Gembus, Misbah Fikrianto sebagai Kasubdit Penalaran dan Kreativitas, Purangga Kasminanto sebagai Founder Podcast Pojokan, Fadly Alwahdy sebagai Akuntan Kemenkeu RI juga Founder dan CEO Jago Akuntasi, dan Febby Hadi Permana sebagai Puslitbang PT PLN Indonesia.

 

Sumber: Depok Pos, ‘Politeknik Negeri Jakarta Gelar “Smart Education For Indonesia” Untuk Kedua Kalinya’, 26 April 2018, <http://www.depokpos.com/arsip/2018/04/politeknik-negeri-jakarta-gelar-smart-education-for-indonesia-untuk-kedua-kalinya/> [diakses 28 Juni 2018]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *