×

Languange

FORGOT YOUR DETAILS?

CREATE ACCOUNT

Sekilas tentang Politeknik Negeri Manado

Politeknik Negeri Manado sebagai salah satu Politeknik yang dipercayakan dalam implementasi program PEDP atau Polytechnic Education Development Project (PEDP) ADB LOAN NO. 2928-INO menetapkan dua program utama implementasi yaitu (1) Peningkatan Kapasitas Institusi dan (2) Pengembangan Produk Unggulan Teknologi Kelapa.
Program pengembangan hasil produk kelapa adalah untuk meningkatkan pengetahuan kepada mahasiswa dan masyarakat pada umumnya tentang pengolahan produk hasil kelapa melalui program peningkatan mutu proses pembelajaran baik dalam hal sarana dan prasarana maupun sumber daya manusia, staf pengajar serta menghasilkan terobosan terobosan baru dalam mengembangkan hasil produk kelapa dalam hal pengolahan kayu kelapa dalam bentuk rumah adat, meubelair dan souvenir dan makanan khas daerah serta produk ekstraktif dari buah kelapa. Sedangkan program penguatan institusi adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan Politeknik Negeri Manado yang pada akhirnya memberi dampak pada perluasan akses pendidikan bagi segenap komponen masyarakat yang berbasis pada kesetaraan gender dan strata pendapatan masyarakat.
Politeknik Negeri Manado menyelenggarakan pendidikan Diploma III dan Diploma IV dimana tersebar di 6 (enam) Jurusan. Adapun Jurusan dan Program Studi terdiri dari :
1. Jurusan Teknik Sipil :
a. Konstruksi Bangunan Gedung (Diploma IV)
b. Teknik Jalan Jembatan (Diploma IV)
c. Teknik Sipil (Diploma III)
2. Jurusan Teknik Elektro :
a. Teknik Listrik (Diploma IV)
b. Teknik Informatika (Diploma IV)
c. Teknik Listrik (Diploma III)
d. Teknik Komputer (Diploma III)
3. Jurusan Teknik Mesin :
a. Teknik Mesin Produksi & Perawatan (Diploma IV)
b. Teknik Mesin (Diploma III)
4. Jurusan Akuntansi :
a. Akuntansi Keuangan (Diploma IV)
b. Akuntansi Perpajakan (Diploma III)
c. Akuntansi (Diploma III)
5. Jurusan Administrasi Bisnis
a. Manajemen Bisnis (Diploma IV)
b. Administrasi Bisnis (Diploma III)
c. Manajemen Pemasaran (Diploma III)
6. Jurusan Pariwisata
a. Manajemen Perhotelan (Diploma IV)
b. Pariwisata (Diploma III)
c. Ekowisata Bawah Laut (Diploma III)
d. Usaha Perjalanan Wisata (Diploma III)

Adapun Visi & Misi Politeknik Negeri Manado sebagai berikut :

Visi :

Menjadikan Politeknik Negeri Manado sebagai Perguruan Tinggi Vokasional unggul dan berstandar internasional.

Misi :

1. Meningkatkan dan memperluas akses dan layanan prima bagi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan bermutu;

2. Meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing semua program studi;

3. Menciptakan lulusan berkualitas secara komprehensif meliputi aspek knowledge, skill dan attitude;

4. Menciptakan dan mengembangkan manajemen institusi berdasarkan prinsip good governance secara berkelanjutan;

5. Meningkatan kualitas hasil penelitian berbasis teknologi terapan;

6. Membangun kemitraan yang kokoh dengan pemerintah pusat dan daerah sesuai dengan amanah Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI);

7. Membangun kolaborasi dengan pihak industri dalam menghasilkan karya produktif dan inovatif yang berdampak peningkatan kualitas hidup masyarakat;

8. Membangun kerjasama pendidikan dan penelitian dengan institusi/ perguruan tinggi nasional dan internasional.

Kegiatan PEDP di Politeknik Negeri Manado

Politeknik Negeri Manado sebagai salah satu Politeknik yang dipercayakan dalam implementasi program PEDP atau Polytechnic Education Development Project (PEDP) ADB LOAN NO. 2928-INO menetapkan dua program utama implementasi yaitu (1) Peningkatan Kapasitas Institusi dan (2) Pengembangan Produk Unggulan Teknologi Kelapa.
1. Penguatan institusi dengan program

(1) Revitalisasi peralatan Bengkel/Laboratorium ;

(2) Melaksanakan program studi lanjut ilmu terapan.

(3) Pengembangan Kurikulum yang berorientasi pada KKNI dan MP3EI,

(4) Kolaborasi kerjasama industri dalam proses pendidikan, pelatihan dan penerapan teknologi.

(5) Pengembangan sistim penjaminan mutu yang berstandar internasional;

(6) Program penerimaan mahasiswa yang berbasis pada kesetaraan gender serta pendidikan bagi masyarakat ekonomi lemah.

(7) Membangun sistim informasi yang terpadu dan berbasis Information, Communication Technology (ICT)

(8) Membangun kemitraan pendidikan dengan SMK.

2. Pengembangan Produk Unggulan Teknologi Kelapa dengan sub program adalah :

(1) Revitalisasi peralatan Bengkel/Laboratorium;

(2) Pelaksanaan pelatihan bagi Staf Pengajar dan Teknisi Bengkel/Laboratorium

 (3) Pelaksanaan Magang & Sertifikasi bagi dosen pengajar.

Program pengembangan hasil produk kelapa adalah untuk meningkatkan pengetahuan kepada mahasiswa dan masyarakat pada umumnya tentang pengolahan produk hasil kelapa melalui program peningkatan mutu proses pembelajaran baik dalam hal sarana dan prasarana maupun sumber daya manusia, staf pengajar serta menghasilkan terobosan terobosan baru dalam mengembangkan hasil produk kelapa dalam hal pengolahan kayu kelapa dalam bentuk rumah adat, meubelair dan souvenir dan makanan khas daerah serta produk ekstraktif dari buah kelapa.

Sedangkan program penguatan institusi adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan Politeknik Negeri Manado yang pada akhirnya memberi dampak pada perluasan akses pendidikan bagi segenap komponen masyarakat yang berbasis pada kesetaraan gender dan strata pendapatan masyarakat.

Diharapkan pada akhir dari pelaksanaaan kedua program utama ini, terwujudnya institusi pendidikan tinggi vokasi yang menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam pasar global dan regional serta menjadi Pusat Unggulan Teknologi (PUT) pengolahan produk kelapa dan turunannya yang akan memberikan nilai tambah (Added Value) bagi kemampuan berproduksi masyarakat petani kelapa yang pada akhirnya akan berkontribusi pada pertumbuhan investasi lokal dan peningkatan ekonomi masyarakat secara keseluruhan.
Seluruh biaya pelaksanaan program implementasi selama 5 (lima) tahun sebesar Rp. 23,105,000,000 (Dua puluh tiga milyar seratus lima juta rupiah) dengan komposisi sumber dana masing-masing adalah ADB Loan Rp 20,585,000,000, Pemerintah RI (GOI) Rp 1,520,000,000, Institusi (PNBP) Rp 1,000,000,000.
Sesuai dengan tahapan pelaksanaan program maka rencana dan target yang dilaksanakan setiap tahunnya adalah sebagai berikut.
Selama kurun waktu tahun 2013 hingga tahun 2014 pelaksanaan program dan hasil utama yang dicapai adalah penyelenggaraan sub aktifitas program peningkatan mutu dan kapasitas, studi & workshop yaitu pelatihan tenaga pendidik, penyiapan kurikulum program studi berbasis KKNI, Penyiapan Asesor untuk Pendirian Lembaga Sertifik Kompetensi serta pelaksanaan peningkatan akses dalam bentuk bea siswa bagi mahasiswa melalui skema Bidik Misi.

Tahun 2015

Pada Tahun 2015 Secara ringkas masing-masing aspek implementasi program yang dilaksanakan adalah sebagai berikut :
a. Penguatan institusi dengan program

(1) Revitalisasi peralatan Bengkel/Laboratorium ;

(2) Melaksanakan program studi lanjut ilmu terapan.

(3) Pengembangan Kurikulum yang berorientasi pada KKNI dan MP3EI

(4) Kolaborasi kerjasama industri dalam proses pendidikan, pelatihan dan penerapan teknologi.

b. Pengembangan Produk Unggulan Teknologi Kelapa dengan sub program adalah

(1) Revitalisasi peralatan Bengkel/Laboratorium;

(2) Pelaksanaan pelatihan bagi Staf Pengajar dan Teknisi Bengkel/Laboratorium dan

(3) Pelaksanaan Magang & Sertifikasi bagi dosen pengajar.
c. Pembentukan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Politeknik Negeri Manado. Politeknik Negeri Manado saat ini telah mendapat sertifikasi BNSP dengan jumlah TUK sebanyak 6 TUK meliputi bidang Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Akuntansi, Administrasi Bisnis dan Keparawisataan.

Tahun 2016

Pada tahun 2016 ini program peningkatan mutu dan relevansi
1. Kegiatan Penyediaan Fasilitas dan Peralatan Pusat Unggulan Teknologi dilakukan dengan beberapa sub-kegiatan yaitu Pengadaan Peralatan Bengkel Teknologi Produksi, Pengadaan Peralatan Produksi Griya Kayu kelapa, Pengadaan Material Pendukung, Pengadaan Peralatan Menggambar Teknik Berbasis Komputer.
2. Peningkatan mutu dan kapasitas staf pendidik dalam bentuk kegiatan Pelatihan Pelatihan CNC Kayu
1) Pengkajian, pengembangan dan penerapan (kurikulum) sesuai standar industri pada 5 sektor prioritas, bekerjasama dengan industri dan sejalan dengan KKNI dilaksanakan Penyusunan dokumen / perangkat pembelajaran D4 Produksi dan Perawatan Teknik Mesin, Penulisan buku ajar, Evaluasi diri dan tracer studi terkait penyelenggaraan PDD, D3 Teknik Sipil, D3 Teknik Mesin dan D3 Teknik Listrik dan Penyusunan Dokumen PDD.
2) Program Pengembangan PUT yaitu Study Penyelenggaraan PUT, Penyusunan dokumen penyelenggaraan PUT
Program Peningkatan Akses dan Kesetaraan pada tahun 2016 sedang dan akan dilaksanakan adalah (1) Melakukan revisi kurikulum program studi target kegiatan, agar sejalan dan sesuai dengan kebutuhan industri serta mendapat pengakuan dari kalangan industri maupun asosiasi profesi serta (2) Melakukan kerjasama resmi dengan pengusaha dan asosiasi industri agar dapat bersama-sama melakukan program-program pelayanan dan pengembangan ketrampilan bagi mahasiswa dan masyarakat peserta didik di Politeknik Negeri Manado.
Sedangkan program aspek pada Peningkatan Efektivitas dan Akuntabilitas Manajemen yang sedang dan akan dilaksanakan adalah (1) Perbaikan dan implementasi sistem pengawasan serta pelaporan (monitoring and report system), (2) Perancangan dan implementasi sistem strategi advokasi untuk mendukung peningkatan mahasiswa baru, kualitas pelayanan dan penyerapan lulusan.

Pelaksanaan Program

Program unggulan dalam implementasi di Politeknik Negeri Manado, adalah sebagai berikut:

1. Pembentukan LSP dan TUK Pembentukan LSP dan TUK pada dua program studi target menjadi pemicu pelatihan asesor kompetensi dan pembentukan TUK bagi program studi lain. Sehingga saat ini sudah terdapat 60 Orang dosen yang mempunyai sertifikat Asesor Kompetensi. Saat ini sudah terakreditasi BNSP dan telah pula melaksanakan kegiatan sertifikasi bagi lulusan Politeknik Negeri Manado bekerja sama dengan KeMenPera & PU.
2.  Pembentukan Pusat Unggulan Teknologi Kelapa, dimana kegiatan yang direncanakan meliputi beberapa proses yaitu penelitian dan pengembangan, produksi dan jasa. Sebagai contoh untuk Penelitian dilaksanakan Pengembangan Composit Material dari bahan sisa produksi kayu kelapa, akar, batok dan material lainnya, Pengembangan material konstruksi bangunan dan interior bangunan seperti, Cocopeat, cocomesh, coir roll, cocosheet dan pengembangan asap cair. Sedangkan pada bidang produksi adalah menghasilkan produk hasil olahan kelapa dan turunannya yang mempunyai nilai ekonomi seperti Panel composit untuk konstruksi bangunan, Kayu kelapa yang dimampatkan (Compressed Coconut Board), Perabot kayu kelapa . Bahan Bakar Nabati (BBN) hasil dari transesterifikasi minyak kelapa dan mesin produksi industri kecil dan rumah tangga untuk hilirisasi produk pohon kelapa dan turunannya. Contoh : Mesin Coco peat, cocomesh, coir roll, coco sheet. PUT bergerak pula dibidang Jasa yaitu implementasi aspek pendidikan dan pengabdian masyarakat dari tri-dharma perguruan tinggi antara lain Konsultansi dan Pelatihan Pengolahan kayu kelapa, Konsultansi dan Pelatihan Konstruksi Bangunan dan Interior Gedung dengan Kayu Kelapa.

Berikut Dokumentasi Kegiatan PEDP di Politeknik Negeri Manado

  1. Kegiatan Pengadaan

          

        2. Kegiatan Non Pengadaan

          

TOP
Lewat ke baris perkakas