Polnep-Kolej Vokasional Matang Malaysia Tandatangani Kerjasama Pendidikan

/ / Berita, Pendidikan
Polnep-Kolej Vokasional Matang Malaysia Tandatangani Kerjasama Pendidikan

Pontianak – Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kolej Vokasional Matang Malaysia di Lantai 3, Gedung Utama Polnep, Jalan Ahmad Yani Pontianak, Kamis (22/3/2018) siang.

Penandatanganan kerjasama pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa ini dilakukan oleh Direktur Polnep Toasin Asha dan Pengarah Bahagian Pendidikan Teknik dan Vokasional Kolej Vokasional Matang Malaysia, Haji Mohamad Sahran Bin Haji Amin.

Penandatanganan turut disaksikan oleh Konsulat Malaysia di Pontianak Mohiuddin Ghazali, 27 perwakilan dosen Kolej Vokasional Malaysia dan dosen-dosen Polnep. Direktur Polnep, Toasin Asha menyambut baik kerjasama pihaknya dengan Kolej Vokasional Malaysia. Ia menilai kerjasama ini menjadi sebuah kehormatan bagi Polnep.

 “Ini kerjasama pertama kali dengan Kolej Vokasional Malaysia. Usai penandatangan kerjasama ini, kedua pihak akan melakukan implementasi sesuai isi perjanjian,” ungkapnya saat diwawancarai usai acara.

Kerjasama ini akan diawali dengan pertukaran mahasiswa dan para dosen sesuai mata kuliah yang ada. Ia mencontohkan beberapa mata kuliah yang selaras diantaranya otomotif dan engineering yang merupakan mata kuliah andalan.

 “Setelah ini, kita berharap akan semakin mempererat hubungan Polnep dengan Kolej Vokasional Malaysia. Sama-sama mendapat ilmu bermanfaat. Nanti, akan ditingkatkan dalam bentuk penelitian. Kerjasama ini menambah kerjasama dengan kampus-kampus lain asal luar Indonesia di Polnep,” jelasnya.

Pengarah Bahagian Pendidikan Teknik dan Vokasional Kolej Vokasional Matang Malaysia, Haji Mohamad Sahran Bin Haji Amin mengatakan kerjasama kedua perguruan tinggi ini akan semakin memperkaya pengalaman dan ilmu para mahasiswa serta dosen.

“Pertukaran ilmu bisa dilakukan. Kami kirim mahasiswa dan dosen ke Polnep. Begitu juga sebaliknya, Polnep kirim mahasiswa dan dosen ke kampus kami. Ini sesuatu kerjasama yang baik dan bermanfaat,” terangnya.

Ia berharap kerjasama yang baru pertama kali dilakukan ini dapat memacu inovasi para mahasiswan dan dosen. Ke depan, pihaknya juga akan merancang semacam tugas penelitian akhir yang menjadi bagian dari tugas kerjasama ini.

“Ya, bisa nanti seperti ada tugas akhir yang bisa dibuat oleh mahasiswa dan dosen,” katanya.

Sementara itu, Konsulat Malaysia di Pontianak Mohiuddin Ghazali mengaku bangga akan kerjasama pertama kalinya yang dilakukan oleh Polnep Pontianak dan Kolej Vokasional Matang Malaysia dalam bidang pendidikan.

“Ini dapat mempererat tali silaturahim antar kedua negara. Indonesia dan Malaysia negara serumpun, budayanya juga tidak jauh berbeda,” ujarnya.

Mohiuddin meambahkan rombongan kali ini membawa banyak misi, salah satunya melakukan pertukaran tidak hanya bagi mahasiswa tetapi khusus kepada para tenaga pengajar.

“Ada pertimbangan khusus Kolej Vokasional Matang memilih Polnep karena dianggap layak dan ideal sebagai sebuah lembaga pendidikan yang dapat memberikan kontribusi besar bagi Matang College dalam beberapa bidang mata pelajaran dua universitas beda negara,” tukasnya.

 

Sumber: Tribun Pontianak, ‘Polnep-Kolej Vokasional Matang Malaysia Tandatangani Kerjasama Pendidikan‘, 23 Maret 2018, <http://pontianak.tribunnews.com/2018/03/23/polnep-kolej-vokasional-matang-malaysia-tandatangani-kerjasama-pendidikan?page=all> [diakses 20 Juni 2018]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *