Puluhan Dosen PCR Ikuti Ujian Sertifikasi Asesor Kompetensi

/ / Sertifikasi
Puluhan Dosen PCR Ikuti Ujian Sertifikasi Asesor Kompetensi

Sebanyak 25 Dosen Politeknik Caltex Riau (PCR) mengikuti ujian sertifikasi asesor kompetensi pada Jumat (6/4/2018) di Kampus PCR.

Sertifikasi ini dilaksanakan langsung oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang diwakili oleh 3 (tiga) orang master asesor sebagai penguji yaitu Agus Sutarna, Baiturrokhim, dan Nes Yandri. Sebelumnya, peserta ujian sertifikasi ini telah melaksanakan Training Asesor Kompetensi sejak 2 – 5 April 2018 lalu di Hotel Grand Zuri, Pekanbaru.

Hingga puncak kegiatan ini yaitu Sertifikasi Asesor Kompetensi dilakukan pada hari ini di Kampus PCR. Uji kompetensi ini dilakukan guna untuk memperoleh sertifikat asesor pada masing-masing peserta. Pelaksanaan ini juga berkoordinasi dengan Lembaga Sertifikat Profesi (LSP) 1 PCR yang juga telah dilisensi oleh BNSP.

Menurut Direktur LSP Politeknik Caltex Riau, Syahrizal mengatakan bahwa untuk dapat melakukan asesmen pada masing–masing ruang lingkup sertifikasi, maka PCR perlu memiliki asesor yang kompeten dan bersertifikat kompetensi sesuai aturan yang berlaku.

“Sebagai LSP, PCR melihat ketersediaan dan kecukupan asesor kompetensi yang bersertifikasi nasional di lingkungan LSP PCR dirasa masih sangat kurang dan masih sangat terbatas, saat ini hanya di Program Studi Teknik Mekatronika dan Teknik Elektronika. Oleh karena itu,  sangat perlu untuk menambah personil Asesor Kompetensi  sekaligus memperluas bidang asesment pada Program Studi lainnya yaitu Akuntansi, Komputer/IT, dan Mesin,” jelasnya.

Selain itu, pada pelaksanaan ujian sertifikasi ini juga melibatkan mahasiswa sebagai model asisi. Peserta yang lulus ujian kompetensi ini akan memperoleh Sertifikat Kompetensi dari BNSP dan seluruh peserta juga akan diberikan sertifikat partisipasi training LSP PCR.

 

Sumber: Tribun Pekanbaru, ‘Puluhan Dosen PCR Ikuti Ujian Sertifikasi Asesor Kompetensi‘, 6 April 2018, <http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/04/06/puluhan-dosen-pcr-ikuti-ujian-sertifikasi-asesor-kompetensi> [diakses 22 Juni 2018]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *