Robot Transformer Dan Virtual Reality Karya Mahasiswa PCR Ramaikan Arena IPA Convex 2018

/ / Berita

Jakarta – Karya mahasiswa Politeknik Caltex Riau (PCR) mendapatkan kesempatan untuk ditampilkan dalam acara Indonesian Petroleum Association Convention and Exhibition 2018 (IPA Convex 2018) di Jakarta. Acara ini diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) sejak 2 hingga 4 Mei 2018.

Robot Transformer

Salah satu karya mahasiswa PCR adalah Robot Transformer yang ditampilkan di booth Chevron. PCR merupakan kampus dari Riau yang pernah menjuarai Kontes Robot Cerdas Indonesia. Robot tersebut berkaki delapan yang dapat berjalan seperti laba-laba, berubah bentuk menjadi seperti bola, dan kemudian menggelinding sebelum berubah kembali menjadi laba-laba. Karena kemampuannya berubah bentuk itulah maka robot karya Antony Darmawan, mahasiswa semester VI program studi Teknik Mekatronika, tersebut diberi nama Robot Transformer.

 Robot tersebut menarik perhatian Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi. Amien Sunaryadi berdialog langsung dengan Antony tentang cara kerja robot yang menggunakan teknologi small computer tersebut. Ketika berkunjung ke booth Chevron, Kepala SKK Migas disambut Managing Director Chevron IndoAsia Business Unit Chuck Taylor dan Presiden Direktur PT. Chevron Pacific Indonesia Albert Simanjuntak.

“Robot seperti ini dapat digunakan untuk kegiatan eksplorasi tempat-tempat baru yang masih belum terjamah atau lokasi yang sulit dijangkau,” terang Antony mengenai ide awal dari pembuatan robot yang menelan biaya sekitar Rp 5,5 juta dan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan itu.

“Untuk lokasi yang datar, robot tersebut dapat berubah bentuk dan menggelinding sehingga lebih cepat melakukan perjalanan. Dan bila lokasinya bergelombang, robot berubah lagi menjadi laba-laba,’’ papar Antony.

'Virtual Safari' Karya Mahasiswa PCR Memukau Pengunjung IPA Convex 2018

Suasana acara Indonesian Petroleum Association Convention and Exhibition 2018 (IPA Convex 2018) yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC).

 

Virtual Safari

Selain Robot Transformer yang ditampilkan, pada perhelatan ini juga diperkenalkan aplikasi Virtual Reality (VR) dengan tema Virtual Safari karya proyek akhir mahasiswa jurusan Teknologi Informasi PCR, Fadly Napril Marshal dan Fadhlul Hadi.

“VR ini dapat menjadi salah satu sarana pendidikan dalam memperkenalkan kekayaan keanekaragaman hayati. Melalui teknologi interaktif ini, orang diharapkan dapat merasakan suasana hutan tanpa harus pergi ke dalam hutan,’’ jelas Ronaldo Agung Nugroho, mahasiswa semester VI program studi Teknik Informatika.

Alat VR tersebut memanfaatkan Android Google. Perangkat keras yang digunakan berupa VR glass, telepon seluler dan alat kendali (controller).

“Saya berharap teknologi ini menjadi alat bantu untuk pendidikan, selain melalui buku, video, maupun presentasi,” tutur Ronaldo.

Virtual Safari memberikan pengalaman berada pada lingkungan kebun binatang virtual yang dikemas dalam bentuk animasi 3 dimensi. Aplikasi Virtual Safari juga diperkuat dari sisi edukasinya. Pengetahuan dan pengalaman yang didapat langsung dapat diuji dalam bentuk aplikasi kuis yang terintegrasi dalam aplikasi ini. Virtual Safari bisa dinikmati dengan menggunakan alat VR berupa kacamata kompleks yang dilengkapi dengan perangkat audio sehingga pengguna juga dapat mendengar suara yang khas dari hewan pada animasi.

Untuk ke depannya, aplikasi yang berbasis Virtual Reality akan menjadi salah satu trend pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. Sejalan dengan kegiatan IPA Convex ini, VR bisa juga digunakan untuk mendukung aktivitas usaha pertambangan, minyak dan gas bumi.

“Tren teknologi virtual reality ini sejalan dengan yang dilakukan oleh PCR sebagai pusat digital ekonomi di Sumatera. Kami sangat bangga aplikasi seperti ini dapat diterima dan mendapat sambutan yang baik di industri khususnya industri migas,” ujar Dadang Syarif selaku dosen pendamping mahasiswa PCR pada pagelaran IPA Convex.

IPA Convex 2018 ini dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo dan dihadiri oleh 1.500 peserta dan 116 perusahaan migas nasional dan internasional yang menampilkan karya ilmiah dan poster.

 

Sumber:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *