SMKN 2 Kendal Pelajari Seputar Ketenaga Listrikan Melalui Kunjungan ke PENS

/ / Berita
SMKN 2 Kendal Pelajari Seputar Ketenaga Listrikan Melalui Kunjungan ke PENS

Sebagai Politeknik yang unggul dalam menghasilkan tenaga-tenaga profesional di bidang teknik. Selasa (17/4), 96 siswa dan tujuh guru pendamping dari SMKN 7 Kendal berkunjung ke Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa SMK supaya dapat berpikir untuk menindaklanjuti program pendidikan selanjutnya. Kunjungan ini bertempat di Ruang Teater Gedung D3 PENS.

Siswa dan siswi yang mengikuti kunjungan ini berasal dari jurusan yang berbeda yakni teknik pendingin dan tata udara, teknik otomasi industri, serta furniture atau perkayuan. Kegiatan ini diawali dengan penjelasan seputar jurusan, fasilitas, serta sistem pembelajaran yang ada di PENS. Tidak hanya itu pada kunjungan kali ini juga terdapat dua pemaparan materi. Materi pertama disampaikan oleh Ir. Sutedjo, MT. yang dipandu oleh Epyk Sunarno. S.ST, MT. Materi yang disampaikan seputar konfigurasi sistem tenaga listrik yang meliputi jenis pembangkit tenaga listrik, sistem transmisi tenaga listrik, sistem distribusi tenaga listrik dan sebagainya. Dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Setelah materi pertama disampaikan, selanjutnya pemaparan materi oleh Eko Budiutomo, S.ST., M.T. mengenai era revolusi industri ke 4.0 dengan sub topik perkembangan teknologi otomasi industri. Pada materi ini menekankan pada sisi Internet Of Things (IOT). Dimana IOT ini adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Sistem inilah yang dibutuhkan oleh masyarakat di tahun ini.

Para peserta kunjungan nampak sangat antusias, terbukti dengan banyaknya peserta yang melontarkan pertanyaan-pertanyaan mengenai tenaga listrik dan otomasi industri. Serangkaian kunjungan tersebut ditutup dengan pemberian cindera mata dan bersalaman bersama. Menurut Luluk, salah satu siswa jurusan teknik pendingin dan tata udara, kunjungan ke PENS ini adalah yang pertama.

“PENS ini kampusnya luar biasa. Selain menambah ilmu dan wawasan tentang PENS, disini juga saya mendapat wawasan yang banyak sekali mengenai pembelajaran serta materi yang sesuai dengan jurusan saya. Karena hal ini bisa menjadi bekal  kami untuk kedepannya,” ungkapnya.

 

Sumber: PENS, ‘SMKN 2 Kendal Pelajari Seputar Ketenaga Listrikan Melalui Kunjungan ke PENS‘, 18 April 2018, <https://www.pens.ac.id/2018/04/18/smkn-2-kendal-pelajari-seputar-ketenaga-listrikan-melalui-kunjungan-ke-pens/> [diakses 10 Juli 2018]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *