Strategi 3 Kementerian Cetak Tenaga Kerja Unggul di 2018

/ / Berita

Jakarta – Tiga kementerian bekerja sama membangun tenaga kerja unggul untuk memenuhi kebutuhan industri pada 2018, melalui bidang pendidikan. Ketiganya antara lain, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Sekretaris Jenderal Kemnaker, Herry Sudarmanto mengatakan, ketiga kementerian ini harus menjalin hubungan yang sinergis untuk menciptakan bibit tenaga kerja unggul.

 “Kemnaker terus menyesuaikan diri dengan kebutuhan tenaga kerja di berbagai sektor, seperti kerja sama ini yang akan dilanjutkan pada tahun depan demi mencetak tenaga kerja yang mumpuni,” kata Herry di kantornya, Jumat (29/12/2017).

Pendidikan dan pelatihan untuk program tersebut tersedia pada tiga jalur, yaitu melalui lembaga pendidikan, lembaga pelatihan, dan pengembangan karir. Untuk lembaga pendidikan, Kemnaker telah mendirikan Politeknik Ketenagakerjaan di Bekasi. Politeknik Ketenagakerjaan memiliki tiga program studi, yakni D4 Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, D4 Program Studi Relasi Industri, dan D3 Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia.

“Pada tahun ajaran 2017/2018, institusi pendidikan tersebut memiliki 90 mahasiswa yang siap menjadi SDM kompeten atau tenaga kerja unggul,” Herry menambahkan.

Kemnaker telah menyiapkan tiga kompetensi untuk melahirkan tenaga kerja unggul di 2018, yaitu kompetensi sosial, spiritual, dan teknis. Terkait kompetensi sosial, calon tenaga kerja dipersiapkan untuk dapat berkomunikasi, berkoordinasi dan bekerja sama dengan orang lain. Perihal kompetensi spiritual, Herry menambahkan, hal itu dilandasi oleh nilai-nilai agama dan budaya, seperti etos kerja, disiplin kerja, kejujuran, loyalitas, dedikasi, dan tanggung jawab.

“Sedangkan kompetensi teknis akan mempersiapkan para calon tenaga kerja dengan kemampuan teknis atau substantif, sesuai dengan bidang tugas dan profesinya,” tutur Herry.

Sumber: Liputan6, ‘Strategi 3 Kementerian Cetak Tenaga Kerja Unggul di 2018‘, 29 Desember 2017, <http://bisnis.liputan6.com/read/3209633/strategi-3-kementerian-cetak-tenaga-kerja-unggul-di-2018> [diakses 10 Januari 2018]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *