TOT Gender Bagi SPMI Politeknik

/ / Global Affair Canada

Rapat dimulai pada pukul 14.30 WIB yang dipimpin oleh Direktur PEDP yang dalam kesempatan ini diwakili oeh Wakil Manajer PMU-PEDP, Bapak Harianto. Sabutan yang disampaikan antara lain :

  • Pemberi hibah Project selalu mengkaitkan dengan issue gender.
  • Salah satu tugas dalam issue Gender, adalah membuat gender action plan(GAP).
  • Ada 28 butir yang harus dipenuhi dalam GAP.
  • Dalam kegiatan promosi yang akan diadakan oleh PEDP, salah satunya mendukung kesetaraan gender di Pendidikan Politeknik.
  • Rakgkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam rangka pengarusutamaan gender antara lain:
    1. Membentuk GFP
    2. Ada dari SPMI
    3. Manajer PIU
    4. Direktur PIU
    5. Dan pihak terkait lainnya
  • Hasill pertemuan terakhir, sudah menghasilkan platform untuk GMS. Disepakati oleh 34 Politeknik peserta proyek PEDP. Meskipun masih ada 6 direktur belum sempat ttd, dikarenakan padatnya agenda yang halrus dilaksanakan serta jadwal penerbangan yang mepet.
  • Platform yang disepakati antara lain :
    1. untuk mempromosikan keadilan & kesetaraabn gender
    2. harus ada landasan hukum terkait kesetaraan gender
    3. merumuskan dokumen 2 GMS di setiap Politeknik
    4. jaringan kerjasama antar poli untuk pengarusutamaan gender
    5. pertukaran data2 terkait issue gender.

IBU DEWAYANI

  • Ini merupakan rangkaian terakhir rangkaian kegiatan Pengarusutaman Gender di Politeknik. TOT kali ini untuk SPMI
  • Pada saat FGD sebelumnya, GFP telah menyusun apa yang diharapkan terkait kesetaraan gender ini sampai dengan tahun 2022
  • GFP akan membuat roadmap s.d tahun 2022. Harapannya antara lain:
    1. 2018 akan memulai untuk melembagakan terkait Gender. Kampanye, sosialisasi dll
    2. Paska pelembagaan, adalah penguatan.
    3. Di akhir adalah sustainability. Agar gender dapat tetap eksis.

Untuk download hasil TOT lengkap dapat menggunakan link dibawah ini

TOT Gender Bagi SPMI Politeknik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *