15 mahasiswa Beasiswa PEMDA Polinela belajar BUMDES di desa Pujon Kidul

/ / Berita
15 mahasiswa Beasiswa PEMDA Polinela belajar BUMDES di desa Pujon Kidul

Politeknik Negeri Lampung (Polinela) mengirimkan mahasiswa penerima beasiswa pemerintah Provinsi Lampung untuk mempelajari tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di desa Pujon Kidul kabupaten Malang. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 1-5 September 2018. Pada kegiatan belajar bumdes ini, diikuti oleh 15 mahasiswa penerima beasiswa pemda dan didampingi oleh Ir. Zainal Mutaqin, M.Si. dan Agung Adi Chandra, S.K.H, M.Si.

Sebagai informasi bahwa Badan Usaha Milik Desa yang sering disebut dengan BUMDES adalah sebuah lembaga usaha desa yang dikelolah oleh pemerintah desa juga masyarakat desa tersebut dengan tujuan untuk memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada di desa tersebut.

Polinela memilih Desa Pujon Kidul karena desa ini merupakan desa BUMDES terbaik di Indonesia. Pada tahun 2017 Pujon Kidul berhasil mendapatkan penghargaan dari Kemendesa PDTT (Kementerian Desa, Pembanguna Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi) sebagai Desa Wisata Agro Terbaik Tingkat Nasional. Dengan difasilitasi pusat kajian BUMDES Polinela diharapkan nantinya mahasiswa tersebut dapat siap mengambil peranan dalam pembangunan dan pengembangan Bumdes di provinsi Lampung.

 

Sumber: Polinela, ‘15 mahasiswa Beasiswa PEMDA Polinela belajar BUMDES di desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Tengah‘, 15 September 2018, <http://www.polinela.ac.id/publikasi/berita/511-15-mahasiswa-beasiswa-pemda-polinela-belajar-bumdes-di-desa-pujon-kidul,-kabupaten-malang,-jawa-tengah.html> [diakses 3 Oktober 2018]