Ada Sentra Produksi Benih Perikanan di Politani Kupang

/ / Berita
Ada Sentra Produksi Benih Perikanan di Politani Kupang

Saat ini ada sentra produksi benih perikanan di Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Kupang. Sentra produk ini dikenal dengan sebutan Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK). Hal ini disampaikan Tim Pelaksana Kegiatan, Joi Surbakti dan Ida Ayo Dewi, Sabtu (27/10/2018).

Menurut Joi, sentra produksi benih perikanan di Politeknik Pertanian Negeri Kupang mempunyai target yang ingin dicapai, yaitu kualitas benih ikan tinggi dengan ketentuan bentuk benih yang seragam, senang berada di arus deras dan tidak cacat atau luka.

“Indukan yang dapat menghasilkan benih yang banyak. Untuk ikan konsumsi yang tingkatan kualitas yang tinggi dengan nilai kesehatan yang cukup,” kata Joi.

Dijelaskan, PPUPIK Sentra Produksi Benih Perikanan di Politani Kupang diharapkan akan menghasilkan benih perikanan yang berkualitas.

“Ciri benih yang berkualitas itu memiliki ciri antara lain, ukuran benih yang seragam, performa ikan yang baik, uji arus air, tidak memiliki tubuh luka dan lecet dan tidak terseran oleh hama dan penyakit,” katanya.

Dikatakan, pada awal kegiatan ini terjadi kendala karena sistem pengairan yang belum memadai.

“Namun, seiring dengan waktu dapat diatasi dengan koordinasi dengan aparat desa yakni di Desa Baumata dan para pengguna air yang ada,” katanya.

Ida Ayu Dewi mengatakan, saat ini ada tiga jenis ikan yang dikembangkan di sentra produksi ini, yaitu ikan lele sangkuriang, ikan nila dan Ikan Mas (karper).

“Kapasitas produksi saat ini memang masih terlalu kecil, karena kapasitas kolam yang masih dalam tahap pembangunan,” katanya.

Untuk benih ikan lele, lanjutnya, rata-rata produksi per bulan 10.000 ekor benih ikan, sementara untuk ikan nila dan ikan mas hanya berkisar 5.000 ekor benih.

“Selain benih di sentra produksi ini juga tersedia ikan ukuran konsumsi namun hanya untuk ikan lele,” ujarnya.

 

Sumber: Pos Kupang, ‘Ada Sentra Produksi Benih Perikanan di Politani Kupang‘, 27 Oktober 2018, <http://kupang.tribunnews.com/2018/10/27/ada-sentra-produksi-benih-perikanan-di-politani-kupang> [diakses 26 November 2018]