Beri Wawasan Mahasiswa Baru Teknik Elektronika Mengenai Arduino, PENS Helat Workshop Arduino

/ / Berita
Beri Wawasan Mahasiswa Baru Teknik Elektronika Mengenai Arduino, PENS Helat Workshop Arduino

Sebagai kampus teknik, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kerap kali mengadakan kegiatan atau workshop bagi mahasiswa. Demi menambah pengetahuan serta wawasan mahasiswa, terhitung selama dua hari sejak Sabtu (22-23/2) telah usai dilaksanakan Workshop Arduino yang diperuntukkan bagi mahasiswa jurusan Teknik Elektronika angkatan 2018. Kegiatan yang diutamakan bagi mahasiswa perempuan ini merupakan salah satu program Lab Embedded System di PENS.

Workshop tersebut diikuti oleh 32 peserta yang terbagi menjadi dua sesi. Dengan 16 peserta di sesi pertama dan peserta lainnya pada sesi kedua yang dilaksanakan pada Jumat (1-2/3), Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Hendhi Hermawan, S.ST. selaku dosen pembimbing. Kemudian dilanjutkan pemaparan materi dasar perihal arduino yang dibantu oleh dua mahasiswa Teknik Elektronika yakni Aji Sasongko dan Satrio Wahyu sebagai pemateri.

Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan ini yakni seputar pengenalan overview arduino, digital input output, hingga analog input output. “Disini kami sama-sama belajar bersama, dan ingin mengenalkan kepada mahasiswa baru mengenai arduino ataupun mikrokontroler. Karena agar terdapat pemerataan pengetahuan mengenai arduino kepada mahasiswa baru khususnya perempuan,” ungkap Aji Sasongko sebagai salah satu pemateri. Tidak hanya pemberian materi, setiap mahasiswa dipandu untuk mempraktikkan langsung sesuai materi yang diberikan.

Dimulai sejak pukul 08.00 hingga 15.00 WIB, mahasiswa yang hadir tampak antusias mengikuti arahan pemateri. “Saya disini sebagai mahasiswa Teknik Elektronika mempelajari arduino di perkuliahan, sehingga saya ingin memperdalamnya. Pada workshop tersebut saya dan teman-teman mempelajari arduino serta program-programnya,” jawab Vina Tri Hartini selaku peserta. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terus diselenggarakan sehingga dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa khususnya tentang Arduino.

 

Sumber: PENS, ‘Beri Wawasan Mahasiswa Baru Teknik Elektronika Mengenai Arduino, PENS Helat Workshop Arduino‘, 24 Februari 2019, <https://www.pens.ac.id/2019/02/24/beri-wawasan-mahasiswa-baru-teknik-elektronika-mengenai-arduino-pens-helat-workshop-arduino/> [diakses 5 Maret 2019]