Bimbing Civitas Akademika SMK di Blitar, Riset Grup Sensor Fussion PENS Helat Pengabdian Masyarakat

/ / Berita
Bimbing Civitas Akademika SMK di Blitar, Riset Grup Sensor Fussion PENS Helat Pengabdian Masyarakat

Merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat, Riset Grup Sensor Fussion Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menggelar kegiatan pelatihan mikrokontroller berbasis arduino. Berlangsung selama dua hari (22-23/11), kegiatan bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Blitar. Sebanyak enam orang dosen beserta tiga ahli teknisi dan tiga mahasiswa dari PENS pun turut mensukseskan jalannya kegiatan.

Diikuti oleh peserta yang meliputi guru dan murid dari SMK Negeri 1 Blitar dan SMK Negeri 2 Blitar jurusan Elektronika Industri, kegiatan dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Dibuka dengan sambutan oleh ketua pelaksana yakni Nofria Hanafi, S.ST., M.T, kegiatan tersebut bertajuk “Pelatihan Arduino IDE (Integrated Development Environment) dan GUI (Grapichal User Interface) Processing Software sebagai pengenalan Teknologi Sensor dengan Graphical User Interface 2018”. Materi diawali dengan perkenalan software arduino, instalasi software pendukung serta komponen pelengkapnya. Peserta yang hadir tampak antusias sejak hari pertama kegiatan.

Pemaparan materi mengenai arduino disampaikan oleh Aditya Darmawan, S.ST., M.T., selaku dosen Program Studi D4 Teknik Mekatronika. Tidak hanya sampai disitu, peserta juga diberikan praktik secara langsung mengenai materi yang telah disampaikan. Pada hari kedua, peserta lebih diperdalam lagi tentang materi wireless, serial komunikasi antar arduino, serta membuat informasi grafis dan tampilan pada komputer berbasis software processing yang kompatibel dengan arduino IDE. Dibagikan pula Modul Hardware Set untuk membantu peserta mempelajari materi, hingga pada penghujung kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama.

“Dari pengabdian masyarakat ini, kami ingin mengadakan lanjutan dari kegiatan tersebut sampai materi yang diberikan tuntas, kemudian bisa dilanjutkan pula untuk SMK lainnya,” ungkap Nofria Hanafi, selaku ketua pelaksana . Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, bisa menambah wawasan peserta sehingga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat. “Dengan diadakan kegiatan ini, kami sangat terbantu karena ilmu yang diberikan sesuai dengan kurikulum yang diajarkan,” tutur Kurniawan, ST., M.T., selaku Kepala Jurusan Elektronika Industri.

 

Sumber: PENS, ‘Bimbing Civitas Akademika SMK di Blitar, Riset Grup Sensor Fussion PENS Helat Pengabdian Masyarakat‘, 1 Desember 2018, <https://www.pens.ac.id/2018/12/01/bimbing-civitas-akademika-smk-di-blitar-riset-grup-sensor-fussion-pens-helat-pengabdian-masyarakat/> [diakses 12 Februari 2019]