Desa Pasir Panjang Tidak Ada Listrik, Polibatam Pasang Panel Surya

/ / Berita
Desa Pasir Panjang Tidak Ada Listrik, Polibatam Pasang Panel Surya

Sabtu (8/9), sejumlah warga Desa Pasir Panjang Jembatan 4 Barelang mendatangi kampus Politeknik Negeri Batam (Polibatam). Bukan tanpa pasal mereka datang ke kampus. Mereka sengaja diundang oleh tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Teknik Elektro Polibatam untuk mengikuti pelatihan instalasi listrik. Meski sebagian besar adalah nelayan, warga desa Pasir Panjang tampak sangat antusias praktik merakit instalasi listrik panel surya. Bagi warga desa Pasir Panjang, listrik merupakan barang mewah. Bagaimana tidak, desa yang berpenduduk hampir 200 kepala keluarga ini tak tersentuh aliran listrik sama sekali. Agar anak-anak bisa belajar dimalam hari pun, warga terpaksa harus membeli 4 liter solar seharga 30 ribu rupiah untuk menghidupkan mesin diesel Don Feng guna menyalakan lampu penerangan. Itupun hanya cukup untuk menyalakan listrik selama 4 jam mulai dari jam 6 hingga jam 10 malam. Terbayang, setiap bulan warga harus mengeluarkan biaya hingga 900 ribu rupiah.

Nasir, Ketua RW desa Pasir Panjang menuturkan bahwa desa mereka pernah mendapat bantuan dari pihak industri dan pemerintah berupa panel surya dan pompa air. Namun karena minimnya pengetahuan warga tentang perawatan perangkat panel surya, menyebabkan unit panel surya dan pompa air tersebut kini tidak lagi berfungsi. Belajar dari hal ini, maka tim pengabdian masyarakat Polibatam berinisiatif untuk membuat pelatihan instalasi listrik panel surya bagi warga Pasir Panjang.

Ketua tim pelatihan instalasi listrik Polibatam, Hendawan Soebhakti, mengatakan bahwa sejumlah warga Pasir Panjang dilatih di kampus selama 2 hari oleh dosen-dosen Jurusan Teknik Elektro Polibatam. “Materi yang diberikan mulai dari cara instalasi, perawatan dan perbaikan baik untuk panel surya, lampu penerangan hingga pompa air”, ujar Hendawan. Dijelaskannya juga bahwa panel surya, lampu penerangan dan pompa air yang dipakai pelatihan akan benar-benar dipasang di desa Pasir Panjang pada pertengahan bulan ini. “Jadi, pelatihan ini sebenarnya merupakan tahap awal dari rangkaian kegiatan pemasangan listrik tenaga surya di desa Pasir Panjang oleh Polibatam”, jelas Hendawan. “Harapannya, setelah dipasang, warga dapat menggunakan, memelihara dan memperbaiki sendiri panel surya, instalasi penerangan dan pompa air sehingga pemanfaatannya menjadi lebih maksimal dan berkelanjutan”, pungkasnya.

 

Sumber: Polibatam, ‘Desa Pasir Panjang Tidak Ada Listrik, Politeknik Negeri Batam Pasang Panel Surya‘, 10 September 2018, <https://www.polibatam.ac.id/desa-pasir-panjang-tidak-ada-listrik-politeknik-negeri-batam-pasang-panel-surya/> [diakses 21 September 2018]