Donor Darah Kembali Hadir dalam Rangkaian Kegiatan PENS Sehat

/ / Berita
Donor Darah Kembali Hadir dalam Rangkaian Kegiatan PENS Sehat

Guna meningkatkan jiwa sosial dan kepedulian terhadap masyarakat, Kementrian Kesejahteraan Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali menggelar kegiatan donor darah pada Senin (8/10). Merupakan salah satu rangkaian acara PENS Sehat, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesehatan seluruh civitas akademika PENS. Dihelat sejak pukul 08.00 WIB, kegiatan ini bertempat di Hall D4 PENS.

Merupakan kali ketiga pelaksanaannya, antusiasme seluruh civitas akademika pada kegiatan ini cukup tinggi. Hal ini terbukti dari jumlah pendaftar yang sudah mencapai 50 orang setelah dua jam pendaftaran dibuka. Tidak hanya melibatkan seluruh civitas akademika PENS, Kementerian Kesehatan Masyarakat BEM PENS pun turut bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTI) Palang Merah Indonesia (PMI) demi kesuksesan kegiatan ini.

Beberapa pemeriksaan kesehatan dilakukan kepada seluruh pendaftar yang ingin melakukan donor darah. Seluruh pendonor haruslah memenuhi beberapa kriteria diantaranya berat badan minimal 47 kg, tidur cukup selama delapan jam, serta memiliki tekanan darah dan HB yang normal. Dari total 64 pendaftar, hanya terdapat 29 yang dinyatakan memenuhi persyaratan dan bisa melakukan proses donor darah. “Karena kebiasaan mahasiswa PENS yang sering tidur malam  dan kurangnya asupan gizi, di PENS Sehat sendiri nantinya juga diadakan check-up kesehatan agar mahasiswa juga lebih tau akan kesehatannya sendiri,” tukas Devita Putri selaku ketua pelaksana kegiatan.

“Rasanya enteng setelah diambil darahnya, jadi merasa lebih sehat lagi tubuhnya,” ujar salah satu pendonor, Aska Putra. Berlangsung hingga pukul 11.00 WIB, agenda rutin tiap semester ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran seluruh warga PENS untuk peduli sesama sekaligus menjaga kesehatan. “Semoga acara dapat terus berlangsung lancar dan dapat dikembangkan lagi serta untuk tempatnya bisa lebih dikondisikan agar lebih nyaman,” imbuh Devita Putri.

 

Sumber: PENS, ‘Donor Darah Kembali Hadir dalam Rangkaian Kegiatan PENS Sehat‘, 9 Oktober 2018, <https://www.pens.ac.id/2018/10/09/donor-darah-kembali-hadir-dalam-rangkaian-kegiatan-pens-sehat/> [diakses 18 Oktober 2018]