Dosen Polines Bantu Alat Pengeringan Sale Pisang di Kebumen

/ / Berita
Dosen Polines Bantu Alat Pengeringan Sale Pisang di Kebumen

Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Semarang (Polines) mengadakan kegiatan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pengabdian Masyarakat ini memfokuskan membantu memberikan solusi kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Sale Pisang yang ada di daerah tersebut, yakni dalam masalah pengeringan sale pisang.

Tim memberikan bantuan alat pengering sale pisang yang bisa mengontrol suhu. Selain itu, alat ini juga bisa memonitor kelembaban. Pengeringan menjadi masalah UMKM sale pisang terutama pada saat musim penghujan. Sale pisang banyak yang tidak kering dan ditumbuhi jamur serta bisa menjadi busuk jika terjadi musim hujan.

Alat pengering sale pisang ini berbeda dengan alat pengering yang sudah ada. Karena alat ini tidak menggunakan pemanas seperti pengering yang ada sekarang. Akan tetapi, pengering ini menggunakan prinsip refrigerasi atau pendingin seperti AC.

“Keunggulan dari pengering jenis refrigerasi adalah membutuhkan daya listrik yang lebih kecil dan hasil yang lebih baik dari pengering menggunakan pemanas (heater),” kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Polines, Syahid, Senin (10/9/2018).

Hasil yang didapatkan setelah diuji coba di mitra menunjukkan hasil yang memuaskan.

“Hasil yang didapatkan sangat mirip dengan hasil pengeringan menggunakan cahaya matahari, tingkat kekeringan, warna, bau dan rasa seperti hasil pengeringan menggunakan cahaya matahari,” ungkap Amir Tamyiz, Ketua UMKM Harum Manis Desa Sidomulyo, Kebumen.

Mereka berharap pengering ini bisa diterapkan untuk produk-produk yang lain seperti padi dan kopra,mengingat di daerah tersebut merupakan penghasil padi dan kelapa.

 

Sumber: Tribun Jateng, ‘Dosen Polines Bantu Alat Pengeringan Sale Pisang pada UMKM Sale Pisang di Kebumen‘, 10 September 2018, <http://jateng.tribunnews.com/2018/09/10/dosen-polines-bantu-alat-pengeringan-sale-pisang-pada-umkm-sale-pisang-di-kebumen> [diakses 24 September 2018]