Gali Potensi Diri Mahasiswa, PENS Kembali Gelar Life Management Training 2019

/ / Berita
Gali Potensi Diri Mahasiswa, PENS Kembali Gelar Life Management Training 2019

Sebagai upaya guna meningkatkan motivasi mahasiswa, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menghelat kegiatan bertajuk Life Management Training (LMT) 2019 selama tiga hari (15-17/3). Berlangsung di Lentera Camp, Trawas, Mojokerto, pelatihan tersebut diikuti oleh 116 peserta yang terdiri dari 95 mahasiswa PENS, 5 mahasiswa Akademi Komunitas Negeri (AKN) Sumenep, 10 mahasiswa AKN Pacitan, dan 6 mahasiswa dari AKN Lamongan. Digelar rutin tiap tahunnya, kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa dosen sebagai pendamping mahasiswa selama pelatihan.

LMT 2019 kali ini bertujuan untuk menggali potensi dalam diri serta mengubah mindset agar selalu berpikir positif dalam segala hal untuk mencapai kesuksesan. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari para trainer dan dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan yakni Ir. Anang Budikarso, M.T. “Dengan kegiatan ini mahasiswa bisa lebih siap menghadapi kehidupan kampus, dimana untuk menjadi mahasiswa berprestasi pasti tidak terlepas dari beberapa kegiatan disamping kegiatan akademik,” ungkap Novian Fajar Satria, S.ST., M.T., selaku Kepala Tim Kerja Minat Bakat Kesejahteraan dan Organisasi Mahasiswa.

Mengusung tema A negative mind will never give you a positive life, peserta tampak menyimak paparan berbagai materi mengenai pelajaran hidup yang dikemas dengan presentasi, video, maupun permainan. Antusiasme peserta semakin memuncak pada kegiatan outbond dan game interaktif, dimana dalam momen tersebut secara tidak langsung dapat melatih kekompakan dan kerja sama dalam sebuah tim. “Beberapa poin yang ingin kami internalisasikan yaitu berpikir positif, melihat tujuan jangka panjang, fokus pada tujuan, kolaborasi dan sinergi,” tutur Agus Prayudi, S.Psi., M.Psi. selaku trainer. Tidak hanya itu, Agus dan tim pun menekankan bahwa disamping dari nilai-nilai tersebut tentunya juga harus disertai dengan nilai religius yang cukup.

Hingga tiba dipenghujung kegiatan, para peserta pun saling mengucapkan salam perpisahan. “Keren banget sih, kita bisa dapat pengalaman baru yang tak terlupakan dan menambah teman baru. Jadi gak sia-sia datang dari jauh,” ujar salah satu peserta dari AKN Lamongan yakni Khusnul Ais. Diharapkan dengan kegiatan LMT ini, mahasiswa dapat menerapkan nilai kehidupan yang diberikan serta dapat diimplementasikan secara optimal guna membangun sumber daya manusia yang berkualitas.

 

Sumber: PENS, ‘Gali Potensi Diri Mahasiswa, PENS Kembali Gelar Life Management Training 2019‘, 19 Maret 2019, <https://www.pens.ac.id/2019/03/19/gali-potensi-diri-mahasiswa-pens-kembali-gelar-life-management-training-2019/> [diakses 16 April 2019]