Genjot Beasiswa Belajar, Malaysia Jalin Kerjasama dengan Politeknik Pontianak

/ / Berita
Genjot Beasiswa Belajar, Malaysia Jalin Kerjasama dengan Politeknik Pontianak

Konsulat Malaysia fokus teruskan Momerandum of Understanding (MoU) bidang pendidikan yang telah ditandatangani antara universitas/politeknik yang ada di Pontianak dengan universitas/politeknik di Sarawak Malaysia pada tahun 2018 lalu.

“Tahun 2019, kami punya fokus itu,” ungkap Konsulat Malaysia, Mohiuddin Ghazali, Kamis (17/1/2019).

Mohiuddin menambahkan pihaknya telah bekerjasama dengan universitas/MoU pada tahun 2018 yakni antara Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) dengan Management & Science University (MSU) di Kualalumpur Malaysia melalui pembukaan kelas internasional atau International Class Program (ICP).

Meliputi program gelar ganda (double degree) untuk tingkat D-3 dan S-1, serta program percepatan atau fast track untuk S-2.

“Kalau biasanye ndak dapat S-1 itu dua tahun. Di MSU itu setahun bise dapat gelar S-1. Dua tahun bise dapat S-2,” terangnya.

Program-program ini tentunya akan diteruskan sesuai rencana. Pada tahun 2018, MSU telah melakukan promosi terkait hal itu sebanyak dua kali kepada pelajar-pelajar Kota Pontianak.

“Tahun ini belum tahu lagi. Tahun lepas (2018_red), dua kali itu. Sambutannya sangat bagus, sangat menggalakkan. Mungkin tahun ini kite adekan sekali untuk meneruskan lagi lah minat pelajar-pelajar di Pontianak untuk menyambung mereke punya pendidikan di Malaysia,” kata Mohiuddin.

Pada tahun 2018, ia mengakui kerjasama pendidikan difokuskan pada Politeknik. Sebab, Malaysia punya dasar-dasar baru yakni mengukuhkan lagi pelajaran politeknik.

“Karena sekarnag ini dalam era ekonomi baru, kemahiran-kemahiran itu didapati meningkat. Walaupun, akademis peringkat ke satu secare teori. Fokus tahun lepas Polnep lah. Pade tahun ini belum pasti lagi fokusnye,” tandasnya.

 

Sumber: Tribun Pontianak, ‘Genjot Beasiswa Belajar, Malaysia Jalin Kerjasama dengan Politeknik Pontianak‘, 17 Januari 2019, <http://pontianak.tribunnews.com/2019/01/17/genjot-beasiswa-belajar-malaysia-jalin-kerjasama-dengan-politeknik-pontianak> [diakses 18 Februari 2019]