Genjot Inovasi di Era Teknologi Informasi

/ / Berita
Genjot Inovasi di Era Teknologi Informasi

Era teknologi informasi membawa peluang besar untuk memperbanyak inovasi dan terobosan di berbagai bidang. Menurut Menristekdikti M Nasir salah satu pihak yang dituntut menciptakan banyak hal baru adalah kampus. Sebab, perguruan tinggi juga tempat berkumpulnya cendekiawan, dan pakar dari berbagai keilmuan.

” Kemajuan teknologi  mendorong kemunculan revolusi industri digital. Saya ditugasi langsung  oleh Presiden Joko Widodo mendorong semua pihak mampu beradaptasi dengan perubahan zaman ini,” tutur Guru Besar Fakultas Ekonomika Bisnis (FEB) Undip itu, Sabtu (15/9).

Dia berbicara pada forum ilmiah seminar nasional yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Politeknik  Negeri Semarang (Polines) di kampus  Kawasan Tembalang.  Hadir Direktur Kelembagaan Dikti Dr Totok Prasetyo dan Direktur Polines Supriyadi.

Menristek menambahkan perubahan zaman menuntut konsekwensi. Diantaranya dengan beradaptasi menemukan banyak inovasi. Kampus juga menjadi pihak yang diunggulkan untuk kian memperbanyak temuan dari hasil riset dan kajian akademik.

Kemampuan Paripurna

Nasir sekaligus menyinggung mutu lulusan kampus yang harus maksimal di era revolusi industri digital. Sebab, era ini memang membutuhkan pribadi dengan kemampuan yang paripurna.

” Boleh juga untuk peningkatan kompetensi lulusan, perlu kerja sama internasional dengan kampus luar negeri. Tahun ini pula kami mendapat jatah 320 mahasiswa ke Taiwan,” imbuhnya.

Mahasiswa politeknik dengan model sarjana sains terapan akan bisa menjalankan program dual degree  atau dua tahun kuliah di Indonesia, dua tahun kuliah di Taiwan dan magang setahun di industri. Terobosan semacam ini diinginkan mampu memperkuat performa sarjana lulusan perguruan tinggi Indonesia yang paripurna. Tak kurang para lulusan butuh memperkuat diri dengan kemampuan bahasa internasional.

 

Sumber: Suara Merdeka, ‘Genjot Inovasi di Era Teknologi Informasi‘, 16 September 2018, <https://www.suaramerdeka.com/news/baca/125080/genjot-inovasi-di-era-teknologi-informasi> [diakses 3 Oktober 2018]