Gunakan Aplikasi untuk Pencatatan Data ASI

/ / Berita

Tim pengabdian Politeknik Negeri Padang, Jurusan Teknologi Informasi, melakukan pelatihan pemanfaatan aplikasi breastmilk management untuk anggota posyandu. Diikuti 20 peserta, terdiri dari anggota Posyandu Mutiara Ibu, Komplek Perumdak Kelurahan Kuraopagang Kecamatan Nanggalo Kota Padang, Sabtu (27/10).

Ketua Tim Pengabdian Politeknik Negeri Padang, Jurusan Teknologi Informasi, Meri Azmi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. ”Kegiatan pengabdian ini terdiri dari satu ketua dan 4 anggota yaitu Meri Azmi sebagai ketua dengan anggota Rasyidah,  Yance Sonatha, Indri Rahmayuni dan Rika Idmayanti,” ungkapnya.

Dijelaskan, pada pelatihan tersebut, diperkenalkan aplikasi berbasis android yang bisa di instal di smartphone. Aplikasi tersebut membantu ibu bekerja dalam mengatur Air Susu Ibu (ASI) perah untuk diberikan kepada anak ketika si ibu bekerja.

“Pada aplikasi ini terdapat menu-menu yang bisa membantu ibu bekerja dalam memvalidasi ASI perah, baik di suhu ruang maupun di dalam kulkas. Dan juga memberikan informasi apakah ASI yang tersimpan masih ideal untuk diberikan kepada bayi atau tidak,” bebernya.

Ia katakan, aplikasi ini memberikan fasilitas untuk pencatatan data ASI perah yang tersimpan, kemudian data tersebut bisa memberikan notifikasi ketika ASI sudah lewat waktu (expired) sehingga tidak bisa lagi diberikan kepada bayi.

Di samping itu, Ketua PKK Kompleks Perumdak, Asmida mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat untuk ibu menyusui yang bekerja karena dapat membantu ibu-ibu dalam mengatur ASI perah. Asmida juga mengusulkan agar acara tersebut diadakan di tingkat yang lebih luas seperti tingkat kecamatan atau tingkat Kota Padang.

 

Sumber: Padang Ekspres, ‘Gunakan Aplikasi untuk Pencatatan Data ASI‘, 31 Oktober 2018, <https://padek.co/koran/padangekspres.co.id/read/detail/115640/Gunakan-Aplikasi-untuk-Pencatatan-Data-ASI> [diakses 29 November 2018]