Hima Energi Sukses Gelar Energy Science Olimpiade pada ENERGIC 2019

/ / Berita
Hima Energi Sukses Gelar Energy Science Olimpiade pada ENERGIC 2019

Serangkaian kegiatan Energy In Challenge (ENERGIC) 2019, masih terus berlangsung. Minggu (10/2), Himpunan Mahasiswa Energi (Hima Energi) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menyelenggarakan Energy Science Olympiade (ESO) yang merupakan ajang olimpiade tingkat SMA/SMK sederajat se-Provinsi Jawa Timur. Bertempat di Kampus PENS, kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Dibuka oleh MC, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana yakni Alif Wahyu Syahnanda, Harindra Darmawan selaku Ketua Hima Energi, dan sambutan oleh Kepala Program Studi (Kaprodi) Sistem Pembangkit Energi yakni Ir. Joke Pratilastiarso, MT. Selanjutnya sebanyak 40 tim yang terdiri dari tiga orang di setiap timnya, dipandu menuju Ruang Kelas Gedung D4 PENS untuk mengerjakan soal pada babak penyisihan.

Bertajuk “Create Your Energy”, setiap tim diasah kemampuannya pada bidang matematika, fisika, dan kimia. Soal yang diberikan berupa pilihan ganda dengan disertakan tingkat kesulitannya. Tim yang lolos semifinal sebanyak 12 tim. Kemudian diseleksi menjadi empat besar untuk masuk kebabak final. “Kami mengikuti olimpiade ini agar mendapat pengalaman lebih dan ingin mengasah kemampuan di bidang kimia, fisika, dan matematika pada tingkat olimpiade,” jawab Safira Rahmawati sebagai peserta.

Pada babak final, terdapat cerdas cermat untuk keempat tim yang lolos. Selain itu, turut diberikan soal pada bidang kimia maupun fisika mengenai persoalan yang ada di industri dan setiap tim pun harus menjawab dengan konsep beserta solusi yang diberikan dihadapan tiga juri yang ahli pada bidangnya. Diantaranya Hendrik Elvian Gayuh Prasetya, ST., M.T. dan Rifah Amalia, ST., M.T. serta Lohdy Diana, S.T., M.T. Dipenghujung acara, dibacakan pemenang lomba diantaranya tim Saskeeeeh dari MAN 2 Malang memperoleh juara satu, tim Jason juara dua, serta tim dari SMA Katholik St. Albertus yakni Shyshycat_which_is_literally_wiboe mendapat juara tiga dan tim FRANS mendapatkan juara harapan satu.

 

Sumber: PENS, ‘Hima Energi Sukses Gelar Energy Science Olimpiade pada ENERGIC 2019‘, 11 Februari 2019, <https://www.pens.ac.id/2019/02/11/hima-energi-sukses-gelar-energy-science-olimpiade-pada-energic-2019/> [diakses 25 Februari 2019]