ICAITI 2018, Pakar IT dari Tiga Negara Berkumpul di Padang

/ / Berita
ICAITI 2018, Pakar IT dari Tiga Negara Berkumpul di Padang

Pakar Informasi Teknologi (IT) di Indonesia, Taiwan dan Thailand berkumpul di Kota Padang dalam rangka konferensi International Conference Aplied Information Technology and Innovation (ICAITI) tahun 2018 yang ditaja Politeknik Negeri Padang (PNP) sejak 3-5 September di salah satu hotel berbintang di Kota Padang.

Dari Iondonesia, konferensi tahun 2018 yang pertama kali diadakan ini dihadiri 50 orang peserta yang berasal dari ITB, UI, UGM, ITS, Politeknik Negeri Samarinda, dan PNP. Bahkan selain pakar atau dosen, konferensi ini juga dihadiri oleh sejumlah mahasiswa jurusan Teknologi Informatika PNP.

Ketua Jurusan Teknologi Informasi PNP Padang Ronal Hadi mengatakan, konferensi ini juga dihadiri oleh Direktur IEEE Region 10 Prof Kukjin Chun yang juga guru besar Seoul National University Korea Selatan. Bahkan pada konfrensi ini, beliau juga memaparkan materi dengan judul Extending the Opportunity with Miniaturization.

“Selain Prof Kukjin Chun, juga hadir Prof Chun Che (Lance) Fung dari Murdoch University Australia dan Dr Kurnia Ningsih dari Politeknik Negeri Semarang. Keduanya juga hadir sebagai pemateri acara ICAITI 2018 ini,” kata Ronal Rabu (5/9/2018).

Bagi PNP, sebutnya, konfrensi ini besar manfaatnya, karena dapat menambah networking dengan sesama peneliti dalam bidang IT. Sebab, dalam melakukan penelitian, para dosen IT di PNP juga membutuhkan jejaring luas guna memecahkan suatu permasalahan.

“Dengan bertambahnya networking, tentunya mereka bisa berkolaborasi menyelesaikan masalah-masalah di bidang IT dengan dosen atau pakar dari dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Dampak positif lainnya bagi PNP, sambung Ronal, adalah untuk meningkatkan penilaian kampus dari sisi rangking perguruan tinggi. Semakin banyak event dilaksanakan dengan melibatkan berbagai negara, maka semakin banyak poin yang didapatan kampus.

“Saat ini PNP peringkat 11 se-Politeknik Negeri dan Swasta se Indonesia. Dengan banyaknya event berskala nasional dan internasional yang dilakukan kampus, kami optimis PNP bisa naik peringkat tahun depan,”pungkasnya.

 

Sumber: Tribun Padang, ‘ICAITI 2018, Pakar IT dari Tiga Negara Berkumpul di Padang‘, 5 September 2018, <http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/09/05/icaiti-2018-pakar-it-dari-tiga-negara-berkumpul-di-padang> [diakses 25 September 2018]