Indonesia Maritime Challenge, Wujud Pemuda Cintai Maritim

/ / Berita
Indonesia Maritime Challenge, Wujud Pemuda Cintai Maritim

SURABAYA – Kecintaan pada kehidupan maritim terus digelorakan para pemuda seperti yang dilakukan mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) dan ITS Surabaya.

Mereka menyiapkan kompetisi berskala nasional, Indonesia Maritime Challenge (IMC) 2018 di Pulau Raas, Madura. Kompetisi ini terdiri dari enam kegiatan utama yakni Ropework, Navigation, Man Overboard, Rowing Race, Sailing Race, dan Boatbuliding. Serta tiga side event yaitu Photography Contest, Social Development, dan Traditional Couple Race.

Ketua Pelaksana IMC 2018 Agam Aditya Wijaya menuturkan, Indonesia sebagai negara kepulauan yang dua per tiga wilayahnya berupa lautan, sudah seharusnya memiliki pemuda yang cinta pada laut dan tahu apa yang bisa dilakukan serta dimanfaatkan dari laut. Makanya kepedulian pemuda terhadap sektor laut harus terus ditingkatkan.

Melalui kegiatan ini, para pemuda dapat berpartisipasi dalam mempromosikan daerah tempat penyelenggaraan agar lebih dikenal masyarakat luas. “Dengan mengadakan kegiatan ini diharapkan daerah tersebut dapat dikenal melalui berbagai media,” ujar Agam, Rabu (15/8/2018).

Kegiatan yang memasuki tahun ke-4 ini diikuti oleh delapan perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Antara lain Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA), Universitas Hang Tuah (UHT), Universitas Brawijaya (UB), Politeknik Negeri Madura (Poltera), Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin), dan Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Masing-masing tim terdiri dari 12 orang, sehingga jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 96 orang.

 

Sumber: Sindo News Jawa Timur, ‘Indonesia Maritime Challenge, Wujud Pemuda Cintai Maritim‘, 15 Agustus 2018, <https://jatim.sindonews.com/read/671/1/indonesia-maritime-challenge-wujud-pemuda-cintai-maritim-1534327719> [diakses 7 September 2018]