INI-HOME Sistem Monitoring Keamanan Rumah secara Real-Time Karya Mahasiswa PENS

/ / Berita, PEDP, Politeknik Indonesia, Polytechnic Education Development Project
INI-HOME Sistem Monitoring Keamanan Rumah secara Real-Time Karya Mahasiswa PENS

Keadaan tempat tinggal yang nyaman dan aman selalu menjadi idaman setiap keluarga yang ada. Kenyamanan dan keamanan yang ada ini kita harapkan tidak terlepas dari keadaan sosial di lingkungan kita berada. Artinya jika lingkungan kita terasa nyaman dan aman untuk kita tempati secara tidak langsung kenyamanan dan keamanan akan terasa juga di rumah tinggal kita. Namun, mobilitas masyarakat Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal ini tentu menyebabkan intensitas keberadaan di rumah semakin berkurang. Jika rumah tidak berpenghuni, maka akan mengundang tindak kejahatan seperti pencurian. Pemilik rumah pasti akan diliputi perasaan kawatir terhadap keamanan rumah.

Berdasarkan data hasil analisa dan evaluasi Polres Kota Surabaya pada tahun 2016, terjadi 292 kasus pembobolan rumah kosong di Surabaya. Cara yang selama ini biasa dilakukan adalah dengan menggunakan CCTV atau dengan menyewa petugas keamanan. Akan tetapi penggunaan CCTV membutuhkan biaya yang besar dan cara-cara yang cukup merepotkan. Demikian halnya dengan membayar petugas keamanan. Pemilik rumah harus mengeluarkan biaya perbulan yang tidak sedikit. Belum lagi risiko jika terjadi kebohongan yang bisa dilakukan petugas keamanan. Jika petugas tersebut tidak terpercaya, bisa saja rumah Anda akan menjadi korban.

Berdasarkan permasalahan yang terjadi tersebut terdapat sekelompok mahasiswa yg terdiri dari Yuri Pamungkas, Rakhmatul Hidayah, dan Tryzha Adindha dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya berpikir untuk membuat sistem keamanan yang murah dan mudah digunakan. Sistem ini disebut dengan INI-HOME (Integration Of Network Communication System For Home). INI-HOME adalah suatu sistem komunikasi terintegrasi untuk monitoring keamanan ruangan pada rumah secara real-time. Dengan menggunakan sistem ini, pemilik rumah dapat memantau keadaaan rumah dari jarak jauh hanya dengan koneksi internet. Sistem monitoring ini memanfaatkan teknologi cloud computing. Sistem ini juga dapat diakses melalui tampilan website diberbagai gadget dengan bantuan kamera webcam untuk mengambil gambar.

Dari hasil penelitian ini diharapkan bahwa sistem monitoring ini dapat bermanfaat bagi pemilik rumah yang sering meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Selain itu juga dapat memberi rasa aman bagi pemilik rumah karena dapat memantau keadaan rumah dari jarak jauh hanya dengan menggunakan fasilitas internet untuk mengakses sistem tersebut. Sistem monitoring ini juga menghemat biaya yang biasanya dikeluarkan untuk menjaga rumah.

 

Sumber: Anak Teknik, ‘INI-HOME Sistem Monitoring Keamanan Rumah secara Real-Time Karya Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya‘, 16 Juli 2018, <https://www.anakteknik.co.id/a/Idarakhma/INI-HOME-Sistem-Monitoring-Keamanan-Rumah-secara-Real-Time-Karya-Mahasiswa-Politeknik-Elektronika-Negeri-Surabaya> [diakses 10 Agustus 2018]