Kenalkan Dunia Kelautan, PPNS Bentuk Maritime Edu Park

/ / Berita
Kenalkan Dunia Kelautan, PPNS Bentuk Maritime Edu Park

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), membuat terobosan baru dengan membuat wadah edukasi untuk pelajar. Wadah edukasi tersebut bernama Maritime Edu Park, pelajar bisa mengenal lebih dekat seputar dunia kemaritiman.

“Awalnya ini merupakan sebuah kebijakan dari Pak Direktur, dengan tujuan PPNS dikenal di kalangan manapun,” tutur Adi Wirawan, Wakil Direktur bidang Akademis PPNS, Senin, (10/9/2018).

Maritime Edu Park ini muncul dari ide yang sepele, di mana banyak-banyak anak-anak lebih tertarik menggambar sawah ketimbang lautan. Hal ini dinilai PPNS jadi bukti bidang kelautan kurang diminati oleh anak muda.

“Tahun ini masih awal, dan harapannya tahun depan sudah finish, di Maritime Edu Park ini nanti banyak games simulasi untuk anak-anak, seperti itu,” terang pria berkacamata ini.

Dalam kesempatan kali ini, 100 anak TK dari yayasan Ya Bunayya, Surabaya, turut mengunjungi wisata edukasi tersebut. Dibekali helm pelindung, anak-anak diajak mengunjungi bengkel pembuatan kapal. Nuryati, wali kelas TK Ya Bunayya menyebut kunjungan ini merupakan salah satu kegiatan menyambut Tahun Baru Muharram.

“Pertama kami ingin mengenalkan hijrahnya Rasulullah dalam peringatan Tahun Baru Muharram, selain itu kami juga ada kerjasama dengan ITS untuk memperkenalkan anak-anak tentang transportasi laut,” ujarnya.

Transpotasi laut dipilih lantaran sebagian besar wilayah di Indonesia ini didominasi oleh laut, anak-anak pun dinilai perlu dibekali ilmu bahari. Kegiatan tersebut sudah berjalan selama dua kali, dimana sebelumnya dikunjungi oleh pelajar tingkat SD.

 

Sumber: Tribun Jatim, ‘Lihat Anak-anak Lebih Gemar Menggambar Sawah Ketimbang Laut, PPNS Ajak Murid TK ke Bengkel Kapal‘, 10 September 2018, <http://jatim.tribunnews.com/2018/09/10/lihat-anak-anak-lebih-gemar-menggambar-sawah-ketimbang-laut-ppns-ajak-murid-tk-ke-bengkel-kapal> [diakses 28 September 2018]