Kerjasama Industri

Salah satu fokus kegiatan pada program PEDP adalah peningkatan keterlibatan sektor swasta dalam meningkatkan daya saing lulusan politeknik. Mengembangkan suatu mekanisme kerjasama kelembagaan yang saling menguntungkan dengan pihak industri/pengusaha untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran sehingga pada akhirnya akan memperkuat daya saing lulusan. Upaya peningkatan keterlibatan sektor swasta dalam dunia pendidikan politeknik dilakukan melalui beberapa kegiatan diantaranya adalah:

  1. Pembentukan kerangka kemitraan institusi dengan pihak swasta/industri untuk mendukung penyertaan industri dalam kegiatan pembelajaran, penyusunan dan penyempurnaan kurikulum, materi ajar dan penilaian kemampuan mahasiswa, penyelenggaraan program pelatihan dan sertifikasi (uji kompetensi) yang relevan dengan kebutuhan keahlian tertentu dari industri, penyediaan pelatihan untuk memperkuat kemampuan manajemen, dan pengembangan strategi untuk mendorong program magang dengan industri setempat dan program penyerapan lulusan.
  2. Studi yang mendukung penyelenggaraan penelitian terapan dan penyelenggaraan proses belajar mengajar yang mendukung keterampilan kewirausahaan.

 

Kerjasama Industri

Melalui keterlibatan sektor swasta dalam tridharma perguruan tinggi diharapkan adanya peningkatan kemampuan sumber daya, baik manusia maupun sarana prasarana politeknik, untuk mendukung penelitian pengembangan produk atau penyelesaian permasalahan industri sehingga akan menghasilkan lulusan yang mempunyai keterampilan yang relevan dan bermutu untuk membangun dan mengembangkan usaha/industri di daerah tersebut.