KRI 2018 Adu Canggih Kreativitas Robot Karya Mahasiswa

/ / Berita, PEDP, Politeknik Indonesia, Polytechnic Education Development Project

Ajang bergengsi tahunan yakni Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 Regional IV kembali diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan diikuti 42 perguruan tinggi (PT). Kali ini Politenik Negeri Malang (Polinema) ditunjuk sebagai tuan rumah yang merupakan tempat digelarnya lomba.

Direktur Polinema Malang, Awan Setyawan, menyampaikan, tim pemenang akan berlaga di ajang Internasional di Amerika untuk kategori lomba pemadam api, Vietnam untuk robot abu, dan robot sepak bola di Tokyo.

“Indonesia selalu menggondol emas. Tahun ini harus bisa dapat emas lagi,” kata Awan saat ditemui wartawan.

Sementara itu, Staff Kemenristek Dikti, Misbah Fikrianto, mengatakan, KRI merupakan ajang kompetisi kreativitas mahasiswa di seluruh Indonesia dalam rancang bangun dan rekayasa bidang robotika dengan desain dan fungsi yang telah ditetapkan Asian Broadcasting Union Robot Contest (ABU ROBOCON), Trinity College Home Robo Contest, dan International Soccer Robocup.

Suasana KRI di Polinema.

“KRI diselenggerakan setiap tahun oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti. Tahun ini antusiasme lebih tinggi, ada tambahan PT yang bergabung di kompetisi. Dan teknologi artificial intellegence-nya banyak peningkatan,” kata Misbah.

Misbah menambahkan, kontes tingkat regional akan diselenggarakan pada 4 wilayah regional, yaitu Regional I di area Sumatera), Regional II di area Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat, dan Sulawesi, Regional III area Jawa bagian tengah, Kalimantan bagian timur dan selatan, dan Regional IV area Jawa bagian timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Untuk diketahui, KRI 2018 terdiri dari 5 divisi yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda.

KRI Regional IV 2018 ini diselenggarakan dengan tujuan menyaring peserta yang akan mewakili Regional IV dalam Kontes Robot Tingkat Nasional tahun 2018 yang rencananya akan dilaksanakan di Yogyakarta.

Daftar Pemenang KRI Regional IV 2018

Memasuki hari ketiga (3/5), setelah berlangsung beberapa pertandingan dari lima divisi yang dilombakan, tiba saatnya penutupan KRI 2018 Regional IV sekaligus pengumuman kepada tim yang berhasil meraih penghargaan. Usaha para mahasiswa peserta KRI akhirnya terbayar dengan capaiannya.

“Bagi pemenang, segera untuk menyiapkan diri dalam mengikuti tingkat nasional. Sedangkan yang kalah jangan berkecil hati dan jadikan motivasi salam KRI tahun mendatang,” papar Endra Pitowarno yang merupakan salah satu Juri dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Ia juga mengungkapkan begitu mengapresiasi jalannya KRI Regional IV 2018 yang begitu seru dan tertib.

Lebih lanjut, Endra menerangkan pada Kontes Robot Abu juara pertama diraih oleh Institut Teknologi Sepuluh November, juara kedua diraih oleh Universitas Jember, dan juara ketiga diraih oleh Universitas Negeri Jember.

Sedangkan pada Kontes Robot Pemadam Api berkaki juara pertama diraih oleh Universitas Muhammadiyah Malang, juara kedua diraih oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan juara tiga diraih oleh Universitas Brawijaya.

“Untuk Kontes Sepak Bola Beroda juara pertama diraih oleh Institut Teknologi 10 November, juara kedua diraih oleh Universitas Brawijaya, dan juara ketiga diraih oleh Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya,” imbuhnya.

KRI Selesai, Berikut Daftar Pemenang KRI Regional IV 2018

Kontes Robot Indonesia akan berlanjut pada bulan Juli 2018.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Juara Kontes Sepak Bola Humanoid

Ia juga menerangkan pada kontes sepak bola humanoid juara pertama diduduki oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Dilanjut juara kedua yang diduduki oleh Universitas Gajahmada. Dan Juara ketiga diduduki oleh Universitas Negeri Yogyakarta.

Tidak lupa, Endra juga menjelaskan pada divisi terakhir yakni Kontes Robot Seni Tari juara pertama diduduki oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, juara kedua diduduki oleh Universitas Brawijaya, dan juara ketiga diduduki oleh Universitas Negeri Surabaya.

“Semoga dengan ini banyak mahasiswa yang termotivasi untuk mengalahkan juara saat ini di tahun mendatang,” pungkasnya.

KRI Selesai, Berikut Daftar Pemenang KRI Regional IV 2018

Sederet pemenang KRI Regional IV 2018.

 

Sumber:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *