Kunjungan Industri Prodi Manajemen Perkebunan Politeknik Negeri Pontianak ke PT Patiware

/ / Berita
Kunjungan Industri Prodi Manajemen Perkebunan Politeknik Negeri Pontianak ke PT Patiware

Mahasiswa jurusan Teknologi Pertanian Program Studi Manajemen Perkebunan Politeknik Negeri Pontianak angkatan tahun 2015 melakukan Kunjungan Industri ke PT Patiware, Desa kemunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kamis (7/2/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 49 orang mahasiswa MJP dan di dampingi oleh 5 orang dosen pengajar prodi MJP yang terdiri dari 1 Kaprodi, 3 dosen staf pengajar dan 1 admin prodi MJP.

Rombongan pergi dengan menggunakan 2 buah bus pribadi kampus Polnep.

Perjalanan ke PT Patiware yang merupakan salah satu perusahaan perkebunan Kelapa Sawit berjalan dengan lancar dengan waktu tempuh perjalanan 3 jam lamanya.

“Saat sampai mahasiswa prodi MJP disambut dan diberikan pelayanan yang terbaik oleh pihak perusahaan,” ujar suci mahasiswa Polnep yang mengikuti kunjungan Industri.

Kegiatan pembukaan di pimpin oleh Bapak Nopriandi selaku training center manager,dan selanjutnya over view PT Patiware di wakili oleh Rulin Kacaribu sebagai estate manager kebun patiware 2.

“Sebelum mahasiswa menerima praktek kerja lapangan,kami diberikan pengarahan terlebih dahulu oleh kedua pihak dari dosen pendamping dan juga manager perusahaan,” ujar Suci.

Kegiatan Praktek kerja lapangan dibagi menjadi 2 bagian yaitu pabrik dan kebun kelapa sawit yang langsung di arahkan oleh manager perusahaan.

Adapun mahasiswa di pabrik sebanyak 14 orang danbagian kebun di pecah menjadi beberapa kelompok dengan diawasi oleh asisten manager.

Sebelum memasuki pabrik mahasiswa diberikan pengarahan terlebih dahulu terkait K3 serta dibagikan peralatan safety untuk digunakan sebagai salah satu syarat.

“Saat di pabrik mahasiswa dapat melihat langsung seperti apa proses dan hasil pengolahan minyak crude palm oil (CPO), kernel dan shells,” ujarnya.

Sedangkan sebagian mahasiswa yang berada di kebun kelapa sawit, diajarkan bagaimana caranya proses pembibitan, pemupukan, penyemprotan, dan pemanenan.

Semua kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa prodi MJP Polnep berjalan dengan antusiasme penuh, sebagai bukti bahwa mahasiswa tingkat akhir ini siap untuk terjun ke dunia kerja sebagai lulusan terbaik diploma 4.

“Terima kasih Banyak atas waktu dan kesempatan yang diberikan oleh PT.Patiware kepada mahasiswa Prodi MJP Polnep untuk bisa berkunjung serta melihat langsung bagaimana proses kegiatan industri perkebunan kelapa sawit,” Ujar Revi Sesario selaku Kepala Prodi.

Revi mengharapkan apa yang di dapatkan pada kunjungan industri ini sanggup menambah semangat mahasiswa tingkat akhir dalam menjalankan proses penyusunanTugas Akhir sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Sains Terapan.

Perjalanan selanjutnya dilanjutkan menuju Pasir Panjang Singkawang dalam rangka mempererat tali
silaturahmi antara mahasiswa dan dosen pendamping.

Malam harinya di isi dengan kegiatan bakar-bakar jagung juga pentas seni oleh kelompok mahasiswa berdasarkan kelompok bimbingan praktek kerja lapangan.

Penampilan disuguhkan dengan kehangatan para mahasiswa kepada sang dosen dibuka melalui drama yang membuat seluruh peserta kegiatan tertawa.

“Karena drama tersebut menceritakan ciri khas dari beberapa dosen pengajar prodi Manajemen Perkebunan,” tutup Suci.

Pensi juga di sambung oleh nyanyian-nyanyian yang melukiskan kebersamaan dan merekam kenangan indah bersama.

 

Sumber: Tribun Pontianak, ‘Kunjungan Industri Prodi Manajemen Perkebunan Politeknik Negeri Pontianak ke PT Patiware‘, 12 Februari 2019, <http://pontianak.tribunnews.com/2019/02/12/kunjungan-industri-prodi-manajemen-perkebunan-politeknik-negeri-pontianak-ke-pt-patiware?page=all> [diakses 11 Maret 2019]