“Kurma Tomat” Ala Mahasiswa Politeknik Negeri Jember

/ / Berita

Sekelompok mahasiswa di Kabupaten Jember, Jawa Timur mengkreasikan buah tomat menjadi kurma. Jajanan diklaim dapat mendongkrak harga jual buah tomat yang cenderung turun saat musim penghujan. Buah tomat ini bukan untuk dijadikan campuran sambal atau minuman segar melainkan diolah menjadi kreasi kuliner baru yakni kurma.

Adalah mahasiswi jurusan produksi tanaman hortikultura Politeknik Negeri Jember, Jawa Timur yang mampu membuat kurma tomat. Pembuatan kurma tomat cukup sederhana pertama bersihkan biji tomat lalu rendam dengan air kapur selama 24 jam untuk menghilangkan kadar air.

Berikutnya rebus tomat dengan air gula dan oven hingga kering dan teksturya mirip kurma. Kurma tomat mempunyai cita rasa berbeda mulai dari manis hingga asam. Berbeda dengan kurma aslinya yang berasa manis saja.

 

Sumber: Kompas, ‘“Kurma Tomat” Ala Mahasiswa Politeknik Negeri Jember‘, 28 November 2018, <https://www.kompas.tv/content/article/36464/video/berita-kompas-tv/kurma-tomat-ala-mahasiswa-politeknik-negeri-jember> [diakses 29 November 2018]