Lomba Robot sebagai Persiapan Revolusi Industri 4.0

/ / Berita
Lomba Robot sebagai Persiapan Revolusi Industri 4.0

Sadar bahwa pada revolusi industri 4.0 teknologi akan menguasai setiap lini kehidupan manusia, Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD) menggelar lomba robot Mechatronic Robot Competition atau Mecbot 2018 di Sahid Jwalk, Minggu (16/12/2018).

Lomba yang diperuntukkan bagi kalangan pelajar mulai SD sampai SMA ini dibagi dalam dua kategori yaitu kategori transporter dan maze solving.

Dalam lomba ini setidaknya diikuti sebanyak 75 tim dari berbagai daerah. Mulai DIY, Sragen, Surabaya, sampai Pontianak. Satu tim berisi satu sampai dua orang.

Yonatan Kevin Berliando selaku Ketua Panitia Mecbot Competition 2018 menerangkan jika tujuan pelaksanaan lomba adalah untuk menambah wawasan pelajar tentang kemajuan teknologi terutama bidang robotika.

“Saat ini teknologi sudah berkembang pesat dan manusia harus menyesuaikan diri. Maka kami menempatkan Mecbot ini supaya menjadi ajang menambah wawasan dan pengetahuan teknologi,” ungkapnya.

Kevin juga menerangkan jika lomba ini juga bisa digunakan sebagai persiapan juga memasuki revolusi industri 4.0 karena di era ini robot akan menggantikan sumber daya manusia

Kevin menambah jika lomba robot ini bukan hanya sebagai ajang pembuat robot mainan, tapi juga bisa diaplikasikan ke dalam dunia nyata.

Seperti halnya robot transporter dan maze solving yang bisa dimanfaatkan untuk memindahkan barang dari satu gudang ke gudang lain tanpa harus menggunakan tenaga manusia.

Cara ini akan cukup efektif dan efisien waktu.

“Untuk antusias pelajar dalam mengikuti lomba ini cukup besar. Terbukti sejak pertama kali kegiatan ini dilaksanakan pada 2014, yang mana awalnya tidak lebih dari 20 tim yang ikut, kini mencapai 75 tim,” terangnya.

Kevin menjelaskan untuk robot jenis transporter digerakkan dengan remote control sementara maze solving merupakan robot yang mengikuti garis pada sebuah bidang datar.

“Sepanjang garis itu ada poin-poin yang harus dicapai. Juara satu berhak mendapat uang tunai senilai Rp 3,5 juta, juara dua Rp 2,5 juta, dan juara tiga Rp 1,5 juta,” ungkapnya.

 

Sumber: Tribun Jogja, ‘Lomba Robot sebagai Persiapan Revolusi Industri 4.0‘, 18 Desember 2018, <http://jogja.tribunnews.com/2018/12/18/lomba-robot-sebagai-persiapan-revolusi-industri-40> [diakses 12 Februari 2019]