Lulusan PENS Harus Cerdas Bermedia

/ / Berita
Lulusan PENS Harus Cerdas Bermedia
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menggelar Sidang Senat Terbuka Wisuda ke-11 pada Sabtu (29/9) di Graha Sepuluh Nopember Surabaya. Tercatat sejumlah 759 mahasiswa telah menuntaskan studinya, dimana seluruhnya terdiri dari program Magister Terapan, Sarjana Terapan, dan Diploma. Acara dibuka oleh ketua senat, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan ijazah kepada wisudawan.
Acara sambutan diawali dengan doa bersama untuk para korban bencana di Donggala, Palu, dan sekitarnya, yang dipimpin oleh Dr. Zainal Arief selaku Direktur PENS. Selanjutnya beliau memberikan pesan kepada para wisudawan sebagai bekal untuk terjun ke dunia kerja, dunia usaha, atau dunia industri. “Namun, semuanya harus dilandasi  dengan akhlak yang baik. Akhlak ini menentukan potensi yang ada, ilmu yang diperoleh bisa bermanfaat untuk kebaikan atau tidak,” tambahnya.

Dr. Zainal juga mengungkapkan bahwa kompetensi lulusan yang bermutu sangatlah dibutuhkan, meliputi pemahaman terhadap ilmu pengetahuan, penguasaan ketrampilan dan kemampuan berinteraksi (Kowledge, Skill, Attitude) yang mengedepankan etika dan prinsip profesionalisme yang tercermin dalam JOSS (Jujur, Orisinil, Semangat dan Santun).
Di tengah derasnya arus informasi lewat internet, beliau berharap para lulusan PENS tidak turut berkontribusi sebagai penyebar hasutan, hujatan, dan berita bohong, apalagi fitnah. “Cerdas dalam bermedia, tabayyun dan crosschecksumber sangatlah diperlukan agar tidak terbawa arus negatif. Hiasilah media sosial kita dengan hal-hal yang positif yang dapat memberi energi positif kepada kita untuk terus membangun dan berkarya.”

Pada akhir sambutannya, Dr. Zainal menyampaikan apresiasi atas prestasi para wisudawan yang telah mengharumkan nama PENS pada kompetisi Nasional dan Internasional. Diantaranya pada ajang Mahasiswa berprestasi Nasional untuk kategori Program Diploma, PENS mendapat penghargaan Terbaik III, ditambah dengan Juara 3 pada Kontes Robot Seni Tari Indonesia  (KRSTI) dan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) serta EROS yang mendapat Juara I untuk divisi Kontes Robot Sepakbola Inonesia (KRSBI) Humanoid, yang akan mewakili Indonesia diajang Internasional pada Robocup 2019 di Sidney, Australia. Pada gelaran PIMNAS ke-31, PENS mendapatkan 3 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu dan masuk dalam peringkat 7 dari 10 besar peraih medali PIMNAS. Dan yang terbaru adalah Medali Emas untuk Electronics Competition dan Perunggu untuk Mobile Robotics Competition di ajang ASEAN Skills Competition (ASC) ke 12 di Bangkok, Thailand.

 

Sumber: PENS, ‘Lulusan PENS Harus Cerdas Bermedia‘, 30 September 2018, <https://www.pens.ac.id/2018/09/30/lulusan-pens-harus-cerdas-bermedia/> [diakses 11 Oktober 2018]