Lulusan Politeknik Negeri Padang (PNP) Dibekali Sertifikat Kompetensi

/ / Berita
Lulusan Politeknik Negeri Padang (PNP) Dibekali Sertifikat Kompetensi

200 orang mahasiswa Politeknik Negeri Padang (PNP) yang ikut program bidik misi ditambah 28 orang mahasiswa tingkat akhir Jurusan Bahasa Inggris menjalani tes kemampuan berbahasa Inggris, yakni Test of English for International Communication (TOEIC), Sabtu 29/9 lalu di Gedung AB Kampus PNP, Limau Manis – Padang.

Tes yang diadakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa PNP yang bekerjasama dengan International Test Center (ITC) Jakarta, merupakan kelanjutan dari tes sebelumnya yang dilaksanakan pada awal bulan September lalu. Setelah diseleksi di tes pertama, dari 331 orang mahasiswa, akhirnya yang bisa tes sekarang itu sebanyak 228 orang.

Pelaksanaan tes yang dikawal langsung Program Executive of Education Development Division ITC Fatma Inayah itu, yang khusus datang dari Jakarta, tes merupakan program Bagian Kemahasiswan dan Jurusan Bahasa Inggris PNP untuk memberikan sertifikat kompetensi kepada mahasiswa tingkat akhir sebelum mereka melangkah ke dunia kerja.

Demikian disampaikan Kepala UPT Bahasa PNP Sariani Pasni, sebelum pelaksanaan tes, tim ITC yang dipimpin Fatma Inayah berkesempatan bersilaturahmi dengan Direktur PNP Surfa Yondri yang didampingi Wadir III Junaldi.

“Kerjasama dengan ITC dalam pelaksanaan tes disambut baik oleh Pak Direktur,” ujar dosen PNP tamatan magister Bahasa Inggris Victoria University of Wellington New Zealand itu.

Sebagai pelaksana teknis tes, Wakil Kepala UPT Bahasa Mutia El Khairat menyampaikan bahwa tes yang dilaksanakan dalam dua sesi itu, pagi dan siang, bagi para mahasiswa yang ikut tes akan mendapatkan sertifikat berbahasa Inggris yang diakui dunia internasional.

“Mudah-mudahan dengan adanya sertifikasi (berbahasa Inggris), lulusan PNP bisa cepat mendapat pekerjaan,”ujarnya.

Untuk menunjang program peningkatan kemampuan lulusan PNP di dalam penguasaan bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris, PNP telah menyiapkan sarana dan prasarana labor bahasa yang sesuai dengan standar internasional.

 

Sumber: Tribun Sumbar, ‘Lulusan Politeknik Negeri Padang (PNP) Dibekali Sertifikat Kompetensi‘, 1 Oktober 2018, <https://www.tribunsumbar.com/lulusan-politeknik-negeri-padang-pnp-dibekali-sertifikat-kompetensi/> [diakses 12 Oktober 2018]