Lulusan Poltekpos Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

/ / Berita
Lulusan Poltekpos Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Politeknik Pos (Poltekpos) Bandung mengukuhkan 798 mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019, dalam acara Sidang Senat Terbuka dan Character Building 2018, di Kampus Poltekpos Bandung, Jalan Sari Asih no 5A, Bandung, Selasa (25/9/2018).

Para mahasiswa baru tersebut berasal dari 26 provinsi di Indonesia yang  tersebar dalam sembilan program studi yang dimiliki politeknik berjuluk kampus oranye tersebut.

Sembilan program studi itu adalah D3 Akuntansi (40 mahasiswa), D3 Logistik Bisnis (126), D3 Manajemen Bisnis (41), D3 Manajemen Informatika (21), D3 Teknik Informatika (43), D4 Akuntansi (70), D4 Logistik Bisnis (232), D4 Manajemen Bisnis (122), dan D4 Teknik Informatika (102).

Direktur Politeknik Pos Bandung, Dr Ir Agus Purnomo MT dalam sambutannya mengatakan, sebagai seorang pembelajar dan bagian masyarakat, mahasiswa memiliki peran kompleks dan menyeluruh sehingga dikelompokkan dalam tiga fungsi, yakni sebagai agen perubahan, kontrol sosial, dan calon pemimpin masa depan. Maka dari itu tidak dapat dipungkiri peran besar yang diemban mahasiswa untuk mewujudkan perubahan bangsa.

Agus menjelaskan, selain sebagai agen perubahan, peran mahasiswa  sepantasnya menjadi agen pemberdayaan yang berperan dalam pembangunan fisik dan nonfisik sebuah bangsa.

Karena itu selama menuntut ilmu di Poltekpos Bandung, ujarnya para mahasiswa baru tidaklah cukup hanya fokus pada peningkatan kemampuan akademik, tapi juga kemampuan soft skill harus diasah, dengan turut aktif dalam berbagai kegiatan organisasi kemahasiswaan baik sebagai pengurus maupun sebagai panitia.

Ia menambahkan, dalam upaya menghadapi era revolusi industri 4.0, Poltekpos Bandung telah mempersiapkan beberapa hal yang relevan dengan tuntutan dunia industri di antaranya, melakukan alignment curriculum dengan kebutuhan industri masa depan; memasukkan pembelajaran berupa coding, internet of things (IoT), artificial intelligence (AI), cloud computing, virtual reality, augmented reality, big data, fintech, dan lain sebagainya ke dalam berbagai mata kuliah yang relevan.

Selain itu, mengembangkan pembelajaran blended distance learning yang mengarah pada massive open online course (MOOC) dengan dipadukan dengan rekognisi pembelajaran lampau (RPL), sehingga mendukung penyiapan SDM yang kompetitif dengan konsep long life learning (pembelajaran sepanjang hayat).

“Kami juga memberikan berbagai sertifikasi kompetensi yang dikeluarkan oleh BNSP maupun sertifikasi internasional, agar para lulusan memiliki competitive advantage yang tinggi dibanding lulusan perguruan tinggi lainnya. Termasuk meningkatkan peran centre of technology logistics, SCM & E-commerce dalam kolaborasi antara dosen, mahasiswa, dan industri,” ucapnya.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019, Roni Andarsyah ST Mkom mengatakan jumlah mahasiswa baru tahun ini telah melebihi capaian tahun lalu, yaitu 710 mahasiswa.

Kegiatan character building ini, kata Roni, merupakan kegiatan tiap tahun ajaran baru di Politeknik Pos Bandung. Tahun ini berlangsung dari Senin (24/9) hingga Jumat (28/9).

 

Sumber: Tribun Jabar, ‘Sidang Senat Terbuka & Character Building 2018, Lulusan Poltekpos Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0‘, 27 September 2018, <http://jabar.tribunnews.com/2018/09/27/sidang-senat-terbuka-character-building-2018-lulusan-poltekpos-siap-hadapi-revolusi-industri-40> [diakses 12 November 2018]