Mahasiswa Asing Politeknik Jember Akan Belajar Kesenian Gamelan di RRI Jember

/ / Berita
Mahasiswa Asing Politeknik Jember Akan Belajar Kesenian Gamelan di RRI Jember

Kesenian Gamelan merupakan kesenian Adi Luhung bangsa Indonesia yang saat ini terus di lestarikan keberadaannya. Oleh karenanya perlu dukungan semua pihak, baik oleh instansi maupun warga masyarakat khususnya dari kalangan pemuda untuk lebih mencintai kesenian tradisional di tengah-tengah derasnya pengaruh global budaya dan kesenian barat. 

Untuk itu sebagai wujud eksistensi dan pengembangan budaya kesenian Indonesia khususnya karawitan dan gamelan para mahasiswa asing yang belajar atau studi di Politeknik Negeri Jember yang berasal dari negara Thailand, Maroco dan China dibekali dengan belajar kesenian gamelan yang merupakan kesenian khas masyarakat Jawa yang penuh makna filosofi Jawa. Dari belajarnya para mahasiswa asing itu nantinya diharapkan mereka bisa bercerita tentang indahnya belajar kesenian karawitan di saat mereka kembali di negara asalnya yang berimbas positif terhadap perkembangan destinasi wisata Jember dan Indonesia umumnya.

Hal tersebut disampaikan wadir 3 bidang kemahasiswaan Politeknik Negeri Jember Munich Dian Widyanta saat mempersiapkan para mahasiswa asing untuk belajar serius tentang budaya, bahasa dan kesenian gamelan sebagai kesenian utama di bumi Jawa ini. Kesenian ini memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri dengan melibatkan banyak penabuh sehingga menghasilkan irama suara yang harmoni, enerjik  dan indah. Keindahan inilah yang tidak dimiliki oleh alat kesenian tradisional negara manapun di dunia ini.

“ini adalah program student exchange yang dilakukan oleh Politeknik Negeri Jember dengan Universitas yang ada di negara Maroco, China dan Thailand sebagai upaya bentuk pertukaran mahasiswa guna belajar sesuai dengan tingkat kebutuhan bidang akademik.  Khusus mahasiswa asal Maroco dan Thailand ini sengaja belajar mendalami Bahasa, Kesenian dan budaya Indonesia. Sehingga akan memberikan keuntungan bahwa budaya dan bahasa Indonesia dipelajari langsung oleh orang orang luar negeri. Dan sebagai bentuk dari Dharma Mahasiswa khusus para mahasiswa asing ini akan diperkenalkan dengan budaya Indonesia khususnya dengan mempelajari langsung kesenian karawitan menabuh langsung peralatan gamelan tersebut yang direncanakan akan ditampilkan pada saat ada kegiatan besar kampus semisal wisuda atau dies natalis”, ujarnya penuh semangat, rabu (17/10/18).

Untuk suksesnya pelaksanaan pengembangan program seni budaya khususnya bidang karawitan gamelan pihak Politeknik Negeri Jember menggandeng langsung RRI Jember. Dengan pertimbangan bahwa RRI sebagai media pemersatu bangsa, pelestari budaya Indonesia selalu menjaga eksistensi kesenian tradisional. Sehingga di RRI Jember khususnya secara ajeg selalu menyiarkan kegiatan karawitan gamelan yang di ikuti dengan para penabuh yang cukup handal, bahkan siap melakukan pendampingan bagi mereka. Pihak RRI memberikan sambutan hangat terhadap mahasiswa asing yang ingin belajar seni karawitan gamelan di RRI Jember yang akan menyiapkan para pelatih yang profesional di bidangnya.

Sementara itu salah satu mahasiswa asing yang berasal dari Pathani Thailand Yusra Tehte kepada RRI mengaku sangat senang dan bangga saat belajar di Politeknik negeri Jember bisa belajar langsung kesenian karawitan Gamelan.

“Ini merupakan kali pertama dari pangalaman hidup yang belum pernah saya alami di negara Thailand. Di Thailand sendiri tidak ada gamelan sehingga kedepan bilamana nantinya telah menguasai seni Gamelan akan saya coba untuk bisa memainkan bersama para mahasiswa atau orang-orang Indonesia yang berada di negara Thailand,” sambungnya.

 

Sumber: RRI, ‘Mahasiswa Asing Politeknik Jember Akan Belajar Kesenian Gamelan di RRI Jember‘, 17 Oktober 2018, <http://rri.co.id/jember/post/berita/585834/pendidikan/mahasiswa_asing_politeknik_jember_akan_belajar_kesenian_gamelan_di_rri_jember.html> [diakses 9 November 2018]