Mahasiswa PCR Bangun Aplikasi Untuk Dinas ESDM Provinsi Riau

/ / Berita
Mahasiswa PCR Bangun Aplikasi Untuk Dinas ESDM Provinsi Riau

Dalam rangka mewujudkan pelaksanaan kaidah pertambangan yang baik dan benar khususnya terkait pelaporan produksi dan penjualan mineral dan batu bara, Dinas ESDM Provinsi Riau bekerjasama dengan Politeknik Caltex Riau (PCR) dalam pembuatan aplikasi untuk pelaporan produksi dan penjualan mineral dan batu bara. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh mahasiswa Program Studi Teknik Informatika PCR, yaitu Fandy Surya Pratama dan Fitriyana Damanik.

Aplikasi yang diberi nama Aplikasi Pelaporan Produksi dan Penjualan Mineral Bukan Logam dan Batuan di Provinsi Riau ini merupakan salah satu program kerja di Dinas ESDM Provinsi Riau dan telah digunakan sejak Rabu (12/09/2018) kemarin.

Hal ini disebutkan pada sosialisasi aplikasi yang dilaksanakan Selasa (4/9/2018) lalu di kantor ESDM Provinsi Riau. Pada sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Seksi Produksi dan Penjualan Mineral dan Batu Bara Dinas Energi Sumber Daya Mineral, Yudha Patria dan Kepala Seksi Pengusahaan Mineral Bukan Logam dan Batuan, Anton Suprojo serta dihadiri perwakilan PCR dan mahasiswa pengembang aplikasi ini.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau, Indra Agus AP, M.Si mengatakan aplikasi ini sangat diperlukan di Dinas ESDM Provinsi Riau khususnya untuk pelaporan dan penjualan mineral dan batu bara. Ia juga berharap dengan adanya aplikasi ini dapat menunjang kinerja pemerintah dalam hal pengelolaan sumber energi.

“Diharapkan implementasi dari penggunaan aplikasi ini dapat dilakukan oleh masing-masing cabang dinas ESDM Provinsi Riau dan dapat menunjang kinerja pemerintahan dalam hal penyelenggaraan pengelolaan energi sumber daya mineral”, pungkasnya.

Dengan adanya aplikasi ini menambah deretan karya mahasiswa PCR untuk pemerintah khususnya Pemerintah Provinsi Riau. Sebelumnya, mahasiswa PCR juga berkontribusi dalam pembuatan beberapa mesin produksi untuk UKM Dinas Perindustrian Provinsi Riau, pembuatan website info publik dan iklan layanan masyarakat untuk Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Riau, serta beberapa karya lainnya.

 

Sumber: PCR, ‘Mahasiswa PCR Bangun Aplikasi Untuk Dinas ESDM Provinsi Riau‘, 19 September 2018, <https://pcr.ac.id/read/20145/mahasiswa-pcr-bangun-aplikasi-untuk-dinas-esdm-provinsi-riau> [diakses 5 Oktober 2018]